Tempat-tempat Cantik yang Wajib Kamu Kunjungi di Labuan Bajo

Tempat-tempat Cantik yang Wajib Kamu Kunjungi di Labuan Bajo

489
SHARE
Puncak Pulau Padar (Foto: Ciarciar.com)

Labuan Bajo dan perairan Komodo menyimpan sejuta kecantikan. Selain kadal raksasa Komodo yang ada di Pulau Komodo dan Pulau Rinca yang menjadi objek wisata utama kawasan ini, pulau-pulau gosong dan pantai-pantai di perairan itu sangat indah dan enak dilihat. Belum lagi keindahan bawah laut yang perlu juga diselami saat Anda mengunjungi wilayah tersebut.

Sebagian besar wisata di Kepulauan Komodo adalah tracking. Anda diajak naik ke atas puncak-puncak gunung gosong untuk melihat keindahan alam dari atas. Setelah puas melihat dari atas, Anda bisa melihat keindahan di bawah laut dengan snorkling. Biar lengkap.

Berikut ini tempat-tempat indah yang wajib kamu kunjungi saat traveling ke Labuan Bajo. Selain tempat-tempat berikut ini, masih ada begitu banyak spot indah lainnya yang siap memanjakan mata Anda selama berada di kawasan ini. Tapi untuk edisi ini, simak dulu keindahan tiga tempat berikut ini.

Sun Rise di Puncak Gililaba

Salah satu pemandangan indah yang ditawarkan agen-agen wisata di perairan Komodo adalah menikmati matahari terbit di Gililaba. Untuk itu, Anda harus menginap di atas kapal. Anda bisa memilih kapal sesuai kekuatan saku Anda. Anda bisa memilih menggunakan kapal kayu, pinisi atau yacht sekali pun.

Kapal apa pun yang Anda pilih, dijamin tidur Anda di tengah laut pasti nyenyak. Sebab, Anda akan berada seperti di dalam sebuah danau tak berombak karena laut dikelilingi pulau-pulau kecil. Sore harinya, Anda bisa menyaksikan burung elang yang turun dari gunung mencari ikan dan melintas rendah di atas kapal Anda.

Sun rise dilihat dari atas Gililaba (Foto: Ciarciar.com)
Sun rise dilihat dari atas Gililaba (Foto: Ciarciar.com)

Anda sudah harus meninggalkan kapal pada pukul 05.00 dengan speed boat ke bibir pantai untuk selanjutnya tracking/naik gunung yang cukup terjal. Karena itu Anda harus siap fisik agar bisa dengan cepat tiba di puncak. Siapkan sepatu yang cocok untuk naik gunung, meskipun banyak bule naik ke puncak gunung dengan kaki telanjang.

Tentu saja Anda akan sedikit lelah, tapi kelelahan Anda selama mendaki akan terbayar lunas saat Anda menyaksikan Sang Mentari perlahan-lahan muncul dari balik gunung di ufuk timur. Dari sana Anda juga berteriak sekuat tenaga untuk memuji keindahan Alam.

Perjalanan ke Puncak Gililaba (Foto: Ciarciar.com)
Perjalanan ke Puncak Gililaba (Foto: Ciarciar.com)

Puncak Pulau Padar

Salah satu pemandangan indah lain yang terkenal adalah Pulau Padar. Untuk menyaksikan keindahan dari puncak pulau ini, Anda tidak harus nginap di atas hotel terapung. Hanya saja, bila terlalu siang, Anda pasti kepanasan. Karena itu, lebih bagus juga kalau Anda nginap di bibir pantai Pulau Padar. Di sini lautnya juga tenang.

Seorang wisatawan asal Tiongkok menikmati pemandangan dari puncak Pulau Padar (Foto: Ciarciar.com)
Seorang wisatawan asal Tiongkok menikmati pemandangan dari puncak Pulau Padar (Foto: Ciarciar.com)

Seperti di Gililaba, Anda keluar dari kapal menuju bibir pantai dengan speed boat. Atau kalau pakai kapal kayu, biasanya bisa buang sauh lebih dekat ke bibir pantai. Setelah itu, Anda akan tracking selama 30 menit atau 45 menit sampai satu jam, atau bisa juga lebih cepat. Sangat tergantung kecepatan dan kekuatan fisik Anda untuk sampai puncak. Dari atas puncak itu, Anda akan menyaksikan laut seperti tiga buah danau. Sangat indah.

Pink Beach

Pantai merah muda ini juga sudah terkenal di manca negara. Pasir di pantai ini menang berwarna merah muda, apalagi kalau dilihat dari kejauhan. Untuk itu, begitu sudah sampai di Pink Beach, Anda perlu naik bukit yang tidak seterjal di Gililaba dan Pulau Padar untuk menikmati pink-nya pantai ini dari atas.

Pantai Pink Beach dari dekat (Foto: Ciarciar.com)
Pantai Pink Beach dari dekat (Foto: Ciarciar.com)

Kalau dari dekat, warna pink tidak terlalu mencolok. Seorang pegiat media sosial dari Cina yang saya temani beberapa waktu lalu sempat bertanya, apanya yang merah muda pantai ini? Susah menjelaskannya. Tapi pertanyaan itu tidak mengabaikan fakta bahwa pantai itu memang berwarna merah muda.

Pink Beach terlihat dari atas bukit (Foto: Ciarciar.com)
Pink Beach terlihat dari atas bukit (Foto: Ciarciar.com)

Selain menikmati pasir merah mudanya, pantai Pink Beach juga terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Karena itu, setiap wisatawan yang ke sini juga snorkling untuk melihat ganggang merah di bawah laut yang membuat pasir di pantai itu berubah menjadi merah muda. (Alex Madji)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY