Home Inspirasi 5 Tips Kembangkan Usaha Kecil

5 Tips Kembangkan Usaha Kecil

2754
1
SHARE
Ilustrasi (Foto: tempo.co)
Ilustrasi (Foto: tempo.co)
Ilustrasi (Foto: tempo.co)

Dalam dunia bisnis, nama Virgin merupakan brand yang cukup dikenal. Pendirinya tak lain adalah Richard Branson, seorang pengusaha dan investor asal Inggris yang membesarkan perusahaannya dari bawah.

Mengawali bisnisnya dengan mendirikan percetakan majalah Student, Branson sedikit demi sedikit memperluas sayap usahanya. Pada tahun 1970, lelaki itu mendirikan perusahaan rekaman Virgin Records. Sejumlah musisi ternama seperti Sex Pistol dan Culture Club pernah bernaung di bawah bendera label rekamannya.

Kini, nama Branson kian berkibar dengan perusahaan maskapai penerbangannya, Virgin Atlantic. Keberhasilan tidak ia raih dengan serta merta. Investasi besar saja tidak cukup. Ada formula-formula yang perlu diramu untuk bisa mendorongnya menjadi usaha yang mendatangkan keuntungan dan bertahan lama. Branson membagi kiat-kiat jitunya untuk mengembangkan usaha kecil Anda.

Berikut ini 5 tips yang ia berikan:

1. Kenalilah tujuan Anda
Di Virgin, Branson berusaha mendobrak kebiasaan pasar yang sudah ada dengan menonjolkan nilai-nilai baru yang menarik dalam hal pelayanan. Branson mengumpamakan usaha tersebut dengan membuat jus spesial untuk membuat orang lebih sehat, serta melakukannya dengan cara yang menyenangkan.

Memang, dalam menjalankan usaha penerbangannya, Branson sangat memperhatikan hal-hal yang mungkin selama ini dianggap maskapai lain sepele, seperti transparansi harga, maupun keramahan staf.

2. Pastikan Anda sudah memiliki elemen dasar usaha yang tepat
Tentukan apa yang ingin Anda lakukan. Bangunlah hubungan kuat dengan para agen penyuplai. Dengan demikian, sedikit banyak Anda bisa menekan modal.

3. Pilihlah tim kerja yang tepat
Awalnya memang agak sulit. Sebagian besar usaha kecil gagal berkembang karena tidak menyadari adanya anggota tim yang kurang kompeten di bidangnya. Terkadang ada gunanya bersikap tegas, menyudahi kerja sama dengan manajer yang tidak mampu mengembangkan bisnis Anda, meski menyakitkan.

4. Setinggi apapun jabatan Anda, perhatikanlah setiap detil yang ada
Meski menjadi orang nomor satu di perusahaan, Branson kerap terbang dengan pesawat dari maskapainya sendiri. Dia juga selalu menyempatkan diri bercakap-cakap dengan staf. Dengan begitu, dia bisa tahu apakah ada hal unik lain yang perlu dikembangkan.

5. Dengarkan pelanggan Anda dan beraksilah
Branson selalu meminta pendapat dari para staf perusahaannya. Branson juga tidak malas memantau kanal-kanal media sosial untuk melihat tanggapan pelanggan terhadap layanan mereka.

Tidak satupun langkah tersebut yang terlalu sulit untuk dilakukan. Menurut Branson, salah satu kunci untuk mengembangkan usaha kecil menjadi usaha raksasa adalah dengan melakukan semua langkah tersebut dengan baik.

Sumber: www.suara.com