Home Inspirasi 5 Tips sukses 2014

5 Tips sukses 2014

800
0
SHARE
Ilustrasi

Tidak sedikit orang yang ingin sukses. Dari tahun lalu, sudah ingin berhasil, tetapi selalu gagal. Resolusi akhir tahun lalu menyebutkan bahwa tahun ini kesuksesan itu harus diraih. Anda mungkin termasuk orang yang ingin sukses pada 2014, tetapi bingung harus dimulai dari mana. Tidak usah khawatir. Berikut ini, tips sukses untuk Anda pada 2014. Silahkan mencoba menjalaninya.

Pertama, harus memiliki mimpi. Kesannya klasik, tetapi ini hal penting. Sebab, Anda tidak akan sukses bila tidak memiliki mimpi. Mimpi adalah awal dari kesuksesan itu sendiri. Kalau mimpi saja tidak punya maka jangan berharap Anda akan meraih kesuksesan. Karena itu bermimpilah dari sekarang.

Kedua, segera wujudkan mimpi tersebut alias jangan terlalu lama bermimpi. Sebab mimpi tanpa perwujudan juga sia-sia. Dengan kata lain, perlu aksi dan tindakan nyata. Kalau hanya bermimpi tanpa upaya konkrit untuk mewujudkannya, maka Anda sedang berada dalam dunia kayalan. Jangan menghayal. Kayalan hanya membuai dan meninabobokan Anda. Tetapi harus diingat, mimpi-mimpi Anda itu harus realisitis, sesuatu yang bisa dijalankan oleh Anda sendiri. Jangan memimpikan sesuatu yang tidak mungkin alias mustahil dijalankan.

Ketiga, perlu modal. Untuk mewujudkan mimpi selalu membutuhkan modal. Tetapi jangan sampai masalah ini menghalangi Anda merealisasikan mimpi-mimpi Anda. Yang terpenting Anda punya kemauan dan keberanian memulai. Ada banyak cara untuk mengatasi persoalan yang satu ini. Bila Anda punya tabungan, pakailah sebagian tabungan Anda untuk mewujudkan mimpi-mimpi yang realistis tadi. Kalau tabungan juga tidak punya, pinjamlah ke lembaga-lembaga keuangan seperti bank atau lembaga-lembaga pinjaman lainnya.

Bila Anda kesulitan mengakses modal ke bank, bergabunglah dengan salah satu koperasi atau credit union (CU). Saat ini banyak CU yang bisa membantu Anda. Tinggal Anda mendaftar menjadi anggota dan memenuhi syarat-syarat yang ditentukan. Dengan bergabung dengan koperasi Anda akan mendapat pinjaman, tentu setelah memenuhi kriteria dan ketentuan yang ada di CU dimana Anda bergabung.

Keempat, bila cara meminjam ke koperasi atau CU juga tidak berhasil, maka cara terakhir adalah mulai sekarang Anda harus menabung sedikit demi sedikit dari penghasilan Anda saat ini. Tetapi, tentukan batas waktu sampai kapan Anda menabung. Pada batas waktu yang sudah ditentukan itu, Anda gunakan hasil tabungan Anda untuk mulai mewujudkan mimpi-mimpi Anda tadi. Untuk bisa menabung, ubah gaya hidup Anda ke cara yang lebih hemat. Hindari penggunaan anggaran yang tidak perlu. Jangan membeli barang-barang yang diinginkan, tetapi cukup belanja hal-hal yang betul-betul dibutuhkan. Sebab tidak semua yang diinginkan itu sungguh-sungguh dibutuhkan.

Kelima, Lakukan sekarang dan jangan ditunda. Persoalan paling mendasar memulai langkah menuju kesuksesan adalah menunda-nunda pekerjaan. Jadi, wujudkan sekarang juga mimpi-mimpi Anda. Setelah tiga atau enam bulan atau satu tahun evaluasi jalannya perwujudan mimpi-mimpi Anda tersebut. Temukan kelemahan-kelemahannya dan segera benahi. Niscaya Anda akan sukses. Selamat Mencoba. (Diolah dari berbagai sumber/Alex Madji)