8 Tips Agar Usaha Anda Makin Bagus

8 Tips Agar Usaha Anda Makin Bagus

491
SHARE
Ilustrasi (foto: www.dailymail.co.uk)

Sebuah artikel yang ditulis Rachel Bridge dan ditayangkan http://www.telegraph.co.uk pada 13 November 2013 lalu memaparkan delapan tips bagi mereka yang sudah memiliki usaha agar usahanya makin bagus dan tajam. Saya menyadurkan kedelapan tips itu untuk Anda.

Pertama, efisien dalam membangun jaringan. Bila Anda bertemu klien terkait kerja, misalnya untuk mengecat, dekorasi ruangan, atau membereskan furnitur, lakukan pertemuan itu pada hari yang terbaik buat Anda. Bila Anda belum punya waktu,  Anda bisa meminta foto atau gambar dari mereka tentang apa saja yang akan dikerjakan. Kirim foto-foto itu lewat email. Setelah dapat foto-foto atau gambar, tentukan tarif kerja per jam per orang sesuai pasaran.

Hal itu dipraktekan oleh sebuah perusahaan jasa bernama “Affleck Property Services” yang terletak di London Barat Laut. Pendirinya, Will Gemmel mengatakan, cara ini akan sangat menguntungkan baik untuk anak buahnya maupun klien. Kedua belah pihak tidak membuang banyak waktu hanya untuk saling menunggu.

“Ini sama-sama menguntungkan. Kami tidak bepergian seperti seekor ayam tanpa kepala karena hanya akan menghabiskan banyak waktu. Padahal, sampai di sana kami hanya mendengar apa saja yang perlu dikerjakan lalu klien menunggu jawaban kami dalam tempo 24 jam atau malahan memakan waktu dua minggu. Dengan cara seperti tadi, bisnis kami menjadi sangat efisien,” ucapnya.

Kedua, kerjasama. Maksudnya, setiap orang (karyawan) harus saling berbagi informasi atau saling melengkapi informasi.  Untuk itu, komunikasi satu sama lain mutlak perlu. Dokumen yang dibuat seseorang pun harus bisa dibuka oleh orang lain atau harus bisa dilihat oleh siapa pun. Jangan menyembunyikan informasi atau dokumen hanya untuk kepentingan sendiri.

Ketiga, ubah penampilan tempat usaha Anda. Tata kantor, pabrik atau toko anda sebagus mungkin dan, ini yang terpenting, dengan seringkas mungkin. Jangan sampai klien Anda membuang setengah hari hanya untuk mengelilingi tempat usaha Anda, saking ribetnya.

Dicontohkan, Riverford Organic, sebuah usaha pesan antar buah-buahan dan sayuran ke rumah-rumah pelanggan, mereka mengemas kotak-kotak buah-buahan dan sayuran itu dengan lebih simpel tetapi tetap aman. Dengan peringkasan seperti ini, mereka tidak butuh terlalu banyak pekerja untuk membungkus box-box buah-buahan dan sayuran tersebut.

Keempat, konsolidasi belanja dengan cara tetapkan toko-toko langganan untuk berbagai kebutuhan kantor. Dengan begitu, belanja apapun dilakukan secara kolektif. Tidak boleh ada departemen/karyawan yang belanja di tempat-tempat lain, selain di toko-toko langganan yang sudah ditetapkan perusahaan.

Misalnya, bila Anda butuh taksi untuk bepergian, kerjasamalah dengan perusahaan taksi setempat untuk setiap kali bepergian. Sehingga, anggarannya bisa dihitung dan jumlahnya pun masuk akal serta bisa dimonitor dari dekat. Ini dimaksudkan untuk meminimalisasi peluang “korupsi” atau manipulasi biaya transportasi khususnya dengan taksi. Dengan kerja sama seperti ini, maka perusahaan Anda pasti akan mendapat harga khusus dari mitra yang sudah menjadi langganan Anda.

Kelima, abaikan pelanggan yang tidak menguntungkan. Untuk itu, Anda harus melakukan analisa terhadap semua pelanggan dan petakan sejauh mana pelanggan-pelanggan itu menguntungkan Anda.

Anda tidak bisa menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk melayani mereka sementara mereka sama sekali tidak menguntungkan Anda. Malahan mereka perlahan-lahan mematikan usaha Anda. Katakan kepada mereka bahwa Anda tidak bisa terus menerus memenuhi permintaan mereka atau naikkan harga baik barang atau jasa yang menjadi bidang bisnis Anda, sehingga mereka pun tahu diri.

Alihkan waktu dan tenaga Anda kepada pelanggan-pelanggan yang menguntungkan. Layani dengan maksimal pelanggan-pelanggan yang tidak segan-segan mengeluarkan dana besar untuk perusahaan Anda.

Keenam, minta masukkan dari karyawan Anda tentang bagaimana dan kemana usaha itu dibawa. Setiap ide atau gagasan terbaik harus diberi penghargaan. Dengan cara ini, Anda akan perhatikan dan akan terkejut, merekalah menjadi orang pertama yang akan mewujudkan gagasan tersebut.

Ketujuh, lengkapi karyawan Anda dengan berbagai fasilitas kerja, terutama agar mereka bisa kerja kapan dan dimanapun mereka berada, tanpa harus ke kantor. Berilah smartphones atau ponsel-ponsel yang memungkinkan mereka kerja dimanapun, printer dan scanner portable. Singkatnya, lengkapi karyawan Anda dengan berbagai peralatan teknologi yang bagus sehingga mereka bisa mengakses sistem internal kantor dari mana saja. Dengan begitu, tiap karyawan tidak harus ke kantor. Mereka bisa bekerja dari rumah atau dari manapun. Dengan begini, pekerjaan dilakukan secara optimal dan tidak terlalu membuang banyak waktu di jalan, apalagi kalau jalan macet parah.

Kedelapan, jangan melakukan proses efisiensi ini hanya sekali, melainkan secara terus menerus. Kemudian evaluasi berbagai keputusan yang sudah diambil setiap enam bulan sekali untuk memastikan bahwa Anda masih berada pada jalur yang benar.

Bagi Anda yang sudah punya usaha, silahkan mempraktekkan tips-tips ini. Bagi yang belum punya usaha, silahkan pelajari siapa tahu besok Anda membuat usaha dan silahkan menerapkan tips-tips ini. Selamat mencoba. (Alex Madji)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY