Home Inspirasi Agama Penyebab Tom Cruise-Katie Holmes Cerai

Agama Penyebab Tom Cruise-Katie Holmes Cerai

382
SHARE

Pasangan artis Hollywood Tom Cruise dan Katie Holmes akhirnya bercerai. Usia perkawinannya baru seumur jagung, hanya lima setengah tahun. Tetapi begitulah hidup para artis di bawah muka bumi ini. Kawin cerai seolah menjadi hal yang lumrah. Bukan hanya di Amerika sana, tetapi juga di Indonesia.

Proses cinta Curise dan Holmes berlangsung kilat. Holmes mengaku mencintai Cruise saat dia menjabat tangannya untuk pertama kali di Los Angeles. “Itu cinta yang muncul ketika saya saya menjabat tangannya untuk pertama kali,” kata Holmes.

Lalu keduanya memperlihatkan kepada publik untuk pertama kalinya bahwa mereka memiliki hubungan yang spesial pada 27 April 2005 di Roma, Italia. Satu bulan kemudian, dua sejoli yang umurnya terpaut jauh itu datang ke acara Oprah bersama-sama. Katie Holmes menggandeng tangan Cruise yang kemudian mengumumkan ke publik bahwa dia gila karena jatuh cinta pada seorang gadis yang beru berumur 26 tahun.

Keduanya akhirnya menikah dan melahirkan seorang anak perempuan yang cantik bernama Suri. Dalam perjalanan waktu, bahtera rumah tangga mereka terguncang, hingga akhirnya bercerai, setelah pisah ranjang selama enam bulan. Holmes menggugat cerai Cruise pada Juni 2012 lalu.

Berita percerian yang mengagetkan para penggemar mereka itu dikuatkan oleh sebuah dokumen tertanggal 17 Agustus 2012 yang ditandatangani oleh Hakim Agung Negara Bagian New York, Matthew F Cooper. Dokumen itu juga menyebut tentang siapa yang berwenang mengasuh Suri yang sudah berusia enam tahun.

Khabarnya, perceraian ini terjadi karena Cruise dan Holmes terus berantem gara-gara Suri, terutama terkait agama yang harus dianut sang putri. Tom Cruise adalah penganut sekte Scientology yang didirikan oleh L Ron Hubbar (1911-1986) pada 1953. Scientology adalah pengganti sistem bantuan pribadi yang dia bentuk sebelumnya.

Scientology mengajarkan bahwa manusia adalah mahluk mati (immortal beings) yang telah melupakan alam mereka yang sebenarnya. Agama ini terkenal dengan metode rehabilitas spiritualnya yaitu sebentuk konseling yang terkenal dengan sebutan auditing. Dengan metode ini, para pengikutnya diajak mengalami kembali kejadian-kejadian ngeri dan traumatis pada masa lalu untuk kemudian membaskan diri mereka sendiri dari efek keterbatasan mereka.

Scientology menjadi agama yang legal di Amerika Serikat, Italia, Afrika Selatan, Australia, Swedia, Selandia Baru, Portugal, dan Spanyol. Gereja ini menjadi salah satu gereja yang kaya di Amerika Serikat.

Sementara Katie Holmes, aslinya adalah seorang penganut Katolik yang kemudian mengikuti jejak Tom Cruise sejak menikah. Tetapi dia tidak ingin buah hatinya mengalami cuci otak dan menjadi anggota sekte Scientology seperti Tom Cruise. Itu sebabnya pada pada 2009, Holmes menyekolahkan Suri ke sebuah taman kanak-kanak Katolik. Alasannya, di Scientology yang dianut Cruise tidak ada home schooling yang cocok dengan putrinya itu.

Meski demikian, seorang sahabat dekat Cruise menegaskan bahwa mega bintang Hollywood itu tidak mempersoalkan agama apa pun yang akan dianut Suri di kemudian hari. Tetapi apa mau dikata. Cruise dan Katie Holmes sudah cerai. Dan, sejumlah sumber menyebut ini adalah cara terbaik agar pertikaian kedua orang tuanya tidak berdampak buruk bagi Suri.

Setelah resmi bercerai, Holmes kemudian tinggal permanen di New York bersama Suri. Sebab berdasarkan dokumen tadi, Holmes mendapat hak asuh Suri. Selain itu Cruise harus menyantuni Suri dengan dana senilai 400.000 dolar AS setahun untuk mengcover kesehatan, perawatan gigi, asuransi cek medis dan gigi yang tidak bisa reimberused, pendidikan, kuliah, ekstrakurikuler dan lain-lainnya.

Cruise akan membayar itu selama 12 tahun hingga Suri berumur 18 tahun. Tetapi biaya itu tidak akan membuat kekayaannya yang berjumlah 250 juta dolar tergerus. Karena menurut hitungan Radar Online, total dana yang keluarkan Cruise hanya mencapai 4,8 juta dolar.

Kembali
Sejak pindah ke New York, Katie Holmes kembali ke agama masa mudahnya, Katolik. Di Manhattan, Holmes menjadi anggota Paroki Santo Fransiskus Xaverius. Dalam subuah artikel “A Tour of St. Francis Xavier, a Potential New Church for Katie Holmes” yang ditulis Michael Daly dan diteribitkan di thedailybeast.com tanggal 11 Juli 2012 pukul 04.45 pagi menyebutkan bahwa Katie datang ke gereja paroki itu dan bertemu dengan pastor parokinya, Romo Joe Costantino.

Semula pastor itu tidak mengenal perempuan cantik yang menghampirinya sebagai Katie Holmes. “Saya tidak mengnal siapa dia. Saya bilang kepada pemimpin koor kami, kalau dia mau bergabung dengan kelompok koor, sangat bagus,” kata Romo Costantino.

Romo Constantino juga tidak tahu bahwa dia sudah kembali ke Katolik dan menjadi warga parokinya seperti diberitakan koran-oran di New York. “Itu berita baru untuk saya,” ucap sang romo menanggapi berita-berita tersebut.

Meski demikian, Holmes kembali mengikuti perayaan ekaristi di kapel Santa Maria di gereja itu pada pukul 12.05 di sebuah siang belum lama ini bersama belasan orang lainnya. Dia mendengar khotbah Romo Costantino yang berbicara supaya menyembah hanya pada yang benar, yaitu Allah yang hidup.

Ekaristi hari Minggu dirayakan di bagian utama gereja yang sudah berusia satu abad itu, sebuah gereja model basilika Roma, tetapi penuh dengan ornamen sentuhan Amerika dan menjadi salah satu gereja yang megah dan menjadi landmark Kota New York. Gereja itu baru direnovasi dan menghabiskan dana belasan juta dolar.

“Holmes tanpa ragu diterima sebagai seorang volunteer . Dia bisa mendaftar sebagai anggota koor dan saya tahu ini akan menjadi spetakuler,” kata Romo Constantino.

Ya, Suri sudah bersama Katie Holmes di New York dan mungkin sudah mengikuti ibunya ke gereja St Fransiskus Xaverius. Sementara Tom Cruise ditinggal sepi. Dia mengaku sedih karena jauh dari sang buah hati. Keduanya sangat dekat. Ketika harus syuting di luar kota atau bahkan di luar negeri, keduanya tetap berkomunikasi lewat telepon genggam. Itu cara mereka menjaga keintiman sebagai ayah dan anak. Tetapi kini hatinya teriris karena tidak berkomunikasi lagi dengan sang buah hati. (Alex Madji)

Foto: Google