Home Inspirasi Angelina Sondakh Protes dengan Warna

Angelina Sondakh Protes dengan Warna

503
0
SHARE

Proses persidangan kasus dugaan korupsi pembangunan wisma atlet SEA Games Palembang yang melibatkan mantan Putri Indonesia Angelina Sondakh pada pengadilan tingkat pertama sudah mendekati akhir. Putusan akan dijatuhkan 10 Januari 2013. Selama persidangan, ada sebuah fakta menarik yang diperlihatkan Angelina Sondak dan patut ditelisik. Bukan fakta hukum, tetapi sesuatu yang lain di luar hukum.

Selama persidangan, janda Adjie Massaid itu selalu mengenakan atasan putih. Foto Harian Umum Kompas, Jumat, 4 Januari 2013 halaman 4, misalnya, memperlihatkan sosok Angelina Sondak mengenakan baju putih lengan panjang dengan rambut terurai. Begitupun pada sidang Kamis, 22 November 2012, Anggi, sapaan akrabnya, mengenakan baju putih lengan panjang yang kancing paling atas pun ditutup rapat, seperti terlihat pada foto Kompas.com.

Tribunews.com juga memperlihatkan foto Anggi dalam balutan kemeja putih lengan panjang dalam sidang Kamis 4 Oktober 2012. Dalam foto itu, Anggi sedang mengusap dahinya sambil memejamkan mata.

Foto Detik.com dalam sidang Rabu, 29 Februari 2012 juga memperlihatkan Angelina Sondakh lagi-lagi dalam balutan kemeja putih lengan panjang dengan motif garis-garis tipis sedang serius mendengar majelis hakim. Foto Kapanlagi.com juga memerlihatkan Angelina Sondakh mengenakan kemeja putih lengan panjang dengan sedang berbalik arah dari meja majelis hakim dalam sidang Rabu, 15 Februari 2012.

Dari fakta-fakta itu bisa disimpulkan bahwa pilihan warna baju yang dikenakan Anggi selama proses persidangan di ruang pengadilan itu dilakukan secara terencana atau by design. Sebagai artis, Anggi pasti memiliki berlemari-lemari pakaian dengan berbagai ragam warna. Tetapi, kenapa dia selalu memilih yang berwarna putih saat menjalani proses persidangan di pengadilan? Pilihan ini menjadi semakin bermakna ketika dikenakannya di ruang sidang pengadilan. Anggi pasti mau mengatakan sesuatu dengan warna putih itu.

Untuk melihat maknanya, saya ingin memaparkan apa yang ditulis David Johnson dalam situs www.infoplease.com tentang arti warna. Menurut dia, mereka yang mengenakan pakaian berwarna putih memperlihatkan bahwa mereka suci dan tak bernoda. Putih selalu merefleksikan terang dan cerah, dan karena itu selalu menjadi warna musim panas. Pada awal abad ke-20, warna putih adalah simbol puritan atau kesucian. Meskipun di Cina, putih adalah lambang dukacita.

Warna putih, kata David, sangat favorit dalam dekorasi dan dunia fashion karena sifatnya yang natural, cerah, dan cocok dipadukan dengan warna apapun. Meskipun, warna putih itu juga cepat kotor, cepat ternoda, dan karena itu sulit dijaga tetap bersih bila dibandingkan dengan warna-warna lain.

Menurutnya, para dokter dan perawat di rumah sakit selalu mengenakan pakaian putih untuk menyimbolkan bahwa mereka selalu steril dan bersih. Sebab bagi mereka, kebersihan sangat penting.

Karena itu, dengan mengenakan kemeja warna putih, Anggi ingin menyampaikan protes terhadap jaksa, majelis hakim, dan publik. Dia mau mengatakan kepada semua yang melihatnya bahwa dia tidak bersalah. Dengan selalu mengenakan baju putih di ruang sidang dia mau mengungkapkan bahwa dirinya tidak terlibat dalam kasus korupsi yang didakwakan para jaksa penuntut kepadanya. Dengan kata lain, Anggi bersih dari masalah yang sedang disidangkan.

Anggi sah-sah saja mengatakan seperti itu dengan warna yang dipakainya di ruang sidang. Tetapi, keteguhannya itu akan diukur dan diuji dengan fakta-fakta hokum, termasuk fakta hukum yang diajukan pihak Anggi dan pengacaranya. Inilah yang akan dinilai oleh majelis hakim, bukan warna yang dikenakan Angelina Sondakh. (Alex Madji)

Foto diambil dari infospesial.net