Bagaimana Merancang Liburan dan Cuti Bersama 2018?

Bagaimana Merancang Liburan dan Cuti Bersama 2018?

172
SHARE
Pink Beach terlihat dari atas bukit (Foto: Ciarciar.com)

2017 masih tiga bulan lagi. Namun, pemerintah sudah mengumumkan tanggal merah alias hari libur nasional dan cuti bersama sepanjang 2018 pada Selasa 3 Oktober 2017. Total, ada 21 hari libur nasional plus cuti bersama selama tahun depan.

Rinciannya: Senin 1 Januari (Tahun Baru 2018 Masehi), Jumat 16 Februari (Tahun Baru Imlek 2569 Kongzili), Sabtu 17 Maret (Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940), Jumat 30 Maret (Wafat Isa Al Masih), Sabtu 14 April (Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW), Selasa 1 Mei (Hari Buruh Internasional), Kamis 10 Mei (Kenaikan Isa Al Masih), Selasa 29 Mei (Hari Raya Waisak 2562), Jumat 1 Juni (Hari Lahir Pancasila), Jumat-Sabtu 15-16 Juni (Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah), Jumat 17 Agustus (Hari Kemerdekaan Republik Indonesia), Rabu 22 Agustus (Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah), Selasa 11 September (Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah), Selasa 20 November (Maulid Nabi Muhammad SAW), Selasa 25 Desember (Hari Raya Natal). Sementara Cuti Bersama 2018 adalah Rabu (13/6), Kamis (14/6), Senin (18/6), dan Selasa (19/6) pada Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah dan Senin 24 Desember untuk Hari Raya Natal.

Bagi Anda yang suka jalan-jalan, mungkin sekarang waktu yang baik untuk mengatur jadwal libur bersama teman atau pun seorang diri. Atau, bila ingin berlibur bersama keluarga tercinta, pikir dan rancang dari sekarang secara baik.

Baca juga: Merencanakan Liburan Akhir Pekan Itu Ternyata Sangat Penting.

Selain mengatur dan menentukan jadwal serta tanggal liburan sesuai kalender pemerintah tersebut, yang paling penting juga adalah melakukan perencanaan keuangan dengan matang agar rencana liburan itu bisa terwujud. Kalau punya duit tidak terbatas sih, urusannya gampang. Tinggal tentukan tempat dan tanggal liburan. Tiket bisa dibeli beberapa hari menjelang keberangkatan dengan harga berapa pun tak masalah. Tidak perlu juga cari tiket promo nanti malah malu-maluin.

Yang ribet adalah kalau kondisi keuangan terbatas seperti saya ini. Dari sekarang, harus disisihkan sedikit demi sedikit dari jumlah yang sudah terbatas untuk merencanakan liburan tahun depan. Dengan menabung dalam jumlah tertentu, maka jumlah pada waktu tertentu pula (misalnya, 7-8 bulan ke depan) sudah terukur, dikira-kira berapa angkanya.

Berdasarkan anggaran itu, barulah pilih tempat berlibur yang cocok dan sesuai anggaran. Untuk yang begini, yang bisa dilakukan dari sekarang adalah tentukan tanggal yang pas untuk berlibur. Akan sangat celaka bila dari sekarang sudah tentukan tempat liburan tapi ternyata hingga menjelang hari H, anggaran yang dibutuhkan tidak mencukupi. Bisa-bisa seluruh rencana liburan tersebut gagal total.

Seorang wisatawan asal Tiongkok menikmati pemandangan dari puncak Pulau Padar (Foto: Ciarciar.com)

Dengan kata lain, pilihan tempat liburan tahun depan itu harus sesuai isi kantong. Dalam perjalanan waktu, demi menghemat, berburulah tiket-tiket promo yang dijual berbagai maskapai penerbangan. Ini akan sangat membantu meringankan biaya.

Saya selalu menghindari liburan menggunakan kartu kredit, selain karena saya memang tidak punya dan tidak ingin memegangnya, takutnya tidak mampu bayar di kemudian hari. Ujung-ujungnya dikejar-kejar sama dept colector alis tukang tagih. Meskipun, kata beberapa teman, kartu kredit sangat membantu, terutama ketika dalam keadaan terdesak. Jangan pula berlibur menggunakan uang pinjaman atau berutang. Lebih celaka lagi kalau demi liburan tahun depan harus korupsi atau merampok hahahaha.

Karena itu, kalau dana yang terkumpul hingga batas waktu yang ditentukan tadi belum mencukupi untuk berlibur di tempat impian tahun depan, tunda saja dulu rencana tersebut. Jangan dipaksakan. Teruslah menabung untuk membuat rencana lagi pada musim liburan tahun depannya lagi. Sebab perencanaan yang baik dan matang akan membuat liburan kita lebih menyenangkan dan tanpa beban.

Kalau dana belum cukup, cukuplah hari-hari libur tahun depan dihabiskan di rumah, menciptakan quality time bersama orang-orang tercinta. Atau, pergi saja ke tempat-tempat hiburan terdekat nan murah meriah yang tidak pakai menginap dua tiga malam. Yang penting pikiran fresh, hati senang, dan everybody happy. (Alex Madji)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY