Beberapa Artikel Ciarciar Nangkring di Halaman Depan Google Loh

    243
    SHARE
    Sumber Foto: Ciarciar.com

    Saya coba iseng berselancar di Google, Kamis, 5 Juli 2018 malam, sambil menemani anak-anak menonton televisi dan menunggu istri pulang kerja. Tiba-tiba saya teringat nama pengusaha terkenal, Pontjo Sutowo. Saya mengetik nama itu sebagai kata kunci pencarian. Astaga, artikel berjudul “Kunci Sukses Seorang Pontjo Sutowo” muncul di halaman terdepan. Urutan ketiga pula dari 29.500 hasil pencarian.

    Artikel ini sudah lama saya unggah, 3 Desember 2013. Disajikan dalam bentuk tanya jawab, setelah saya mewawancarainya di ruang kerjanya di The Sultan Residence, Senayan, Jakarta.

    Menempati halaman terdepan Google menjadikan artikel ini sebagai yang terpopuler di Ciarciar.com. Ia bertahan duduk di tempat teratas untuk waktu yang lama. Sebelumnya, ia masih kalah dari artikel “Menyalakan Lentera Kegelisahan” yang diterbitkan 7 Februari 2014. Sekarang, artikel ini turun ke posisi kedua di daftar artikel terpopuler.

    Kemudian, saya mengetik kata kunci “Marcus Gideon Bulan Madu”. Artikel berjudul “Selamat Berbulan Madu di Labuan Bajo Marcus Gideon” berada di halaman dua mesin pencari Google dari sekitar 34.500 hasil pencarian. Artikel ini tergolong baru. Sinyo, sapaan Marcus Fernaldi Gideon, belum lama menikah dan berbulan madu di Labuan Bajo. Artikel tentang bulan madu ini diterbitkan 18 April 2018 ketika Sinyo sedang berada di Labuan Bajo.

    Urutuan berikutnya ditempati artikel berjudul “Menimbang Peluang Gatot Nurmantyo Menuju 2019”. Dengan kata kunci “Peluang Gatot Nurmantyo di 2019”, artikel yang terbit 16 April 2018 ini berada di halaman tiga Google dari 206.000 hasil pencarian.

    Terakhir, saya masukkan kata kunci “Arjen Roben ke Labuan Bajo”. Dari sekitar 58.200 hasil pencarian, artikel berjudul “Piala Dunia, Arjen Robben, dan Labuan Bajo” yang diterbitkan 16 Juni 2018 berada di halaman lima Google. Masih jauh. Untuk kelas weblog, artikel ini kalah dari artikel “Bersama Keluarga, Arjen Robben Berlibur di Labuan Bajo” dari Floresa.co besutan beberapa kawan saya.

    Meski belum banyak artikel yang tembus halaman paling depan Mbah Google, tetapi terdaftar di halaman-halaman awal mesin pencari raksasa itu saja sudah senang untuk ukuran blog yang pembaruannya tunggu ada inspirasi. Minimal, dengan nongol di halaman-halaman awal, saya semakin termotivasi untuk terus menulis. Harapannya, ke depan makin banyak artikel yang terpampang di halaman depan mesin pencari Google. (Alex Madji)