Begini Kesan Tiga Tokoh Dunia tentang Labuan Bajo

Begini Kesan Tiga Tokoh Dunia tentang Labuan Bajo

303
SHARE
Kapal Phinisi yang ditumpangi artis Gwyneth Paltrow di Labuan Bajo (Foto: Goop.com)

Labuan Bajo sudah menjadi destinasi para figur publik dunia. Bukan hanya tokoh-tokoh Indonesia. Mulai dari artis, olahragawan, hingga akademisi dunia datang ke Perairan Komodo/Taman Nasional Komodo untuk menikmati keindahan alam yang begitu memesona baik di atas maupun bawah laut.

Paling baru, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akhir Juli 2017 memajang beberapa fotonya selama berlibur di Labuan Bajo di media sosial, Facebook. Di bawah foto-foto itu, ia menulis caption alias teks foto yang memuja muji keindahan alam Labuan Bajo, terutama di tempat-tempat yang dia kunjungi.

Sri Mulyani bukanlah pesohor dunia pertama yang berkunjung ke sana. Sudah ada beberapa orang kenamaan yang menikmati keindahan alam Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo. Berikut adalah tokoh-tokoh dunia yang sudah datang ke Labuan Bajo.

Gwyneth Paltrow

Anak-anak artis Gwyneth Paltrow (Foto: Goop.com)

Artis cantik ini datang ke Labuan Bajo pada pertengahan Juli 2013, empat tahun silam. Ia dilaporkan datang bersama dua anaknya, sementara suaminya Chris Martin tidak ikut. Ini adalah untuk pertama kalinya ia datang ke Indonesia. Karena itu, ia menyebut pengalaman ini sebagai sebuah mimpi yang menjadi kenyataan.

Selama mengelilingi Taman Nasional Komodo, artis cantik 43 tahun itu menyewa sebuah kapal phinisi mewah yang sangat nyaman dan wah. Harganya pun tentu sangat mahal. Ia terkagum-kagum dengan kapal itu. “Kapal menakjubkan kami bernama The Silolona yang dirancang dengan model tradisional Indonesia,” kata Gwyneth di blog pribadinya, Goop.

Ia mengunjungi beberapa tempat di Taman Nasional Komodo seperti Pulau Rinca dan Pink Beach atau Pantai Merah Muda. Di Rinca, ia bersama dua anaknya melihat binatang purbakala Komodo dari dekat. Tentang Pink Beach, ia memberi kesaksian begini, “Kami menghabiskan siang hari di Pantai Pink, yang terlihat warna-warna cantik dari karang-karang yang mengelilingi pulau.”

Lebih lanjut ia mengungkapkan kekagumannya selama berada di Perairan Komodo, “Tidak pernah saya bayangkan bahwa kita akan menjalankan tangan kita melalui laut di malam hari, melihat Komodo di alam liar, berenang bersama pari besar.”

Ia mengaku sangat senang selama berlibur di Labuan Bajo. Gwyneth Paltrow memamerkan foto-foto liburannya itu Goop.com. Jejak plesiran empat tahun silam itu masih bisa dilihat di sini. Ia tidak banyak membuat narasi. Hanya memamerkan foto-foto cantik selama liburannya di Taman Nasional Komodo.

Valentino Rossi

Valentino Rossi di Labuan Bajo (Foto: Tribunnews.com)

Awal tahun 2017, tepatnya 23 Januari 2017, pebalap MotoGP asal Italia, Valentino Rossi datang ke Labuan Bajo. Kabar kedatangannya sudah sampai ke telinga para penggemar MotoGP di kota kecil ujung barat Pulau Flores tersebut beberapa hari sebelumnya. Karena itu, mereka menyemut di Bandara Komodo saat ia tiba. Sayang, mereka harus kecewa, karena Rossi dijemput dengan motor di tangga pesawat dan melewati jalan lain.

Di Taman Nasional Komodo, runner up MotoGP 2016 itu mengunjungi empat tempat menggunakan boat bernama Dipe, milik seorang warga negara Inggris, Adam. Ia mengunjungi Pulau Padar. Bahkan, pria 38 tahun itu treking sampai puncak Padar dan mengambil swafoto di sana dengan latar belakang tiga teluk yang memperlihatkan lautan seperti tiga danau besar.

Ia juga datang ke Pulau Komodo. Di sana pemegang sembilan gelar juara Grand Prix itu melihat biawak raksasa Komodo. Laporan media-media Indonesia menyebutkan, ia didampingi seorang ranger paling beruntung, Saleh. Dia menjadi orang Manggarai Barat paling beruntung karena bisa menemani Rossi.

Salah satu pebalap paling sukses sepanjang sejarah MotoGP itu juga mampir di Pink Beach. Di sini ia menghabiskan waktu selama dua jam untuk berenang bersama teman-temannya. Dari sini, ia ke Manta Point untuk berenang bersama Pari sambil menikmati sun set atau matahari tenggelam.

Sore harinya, pebalap Yamaha itu kembali ke Labuan Bajo. Ia makan malam di sebuah restoran milik orang Italia di kawasan wisata utama di Labuan Bajo, teman masa kecil Rossi di Italia, bernama La Cucina (Baca: La Kucina). Sampai sekarang, restoran ini dipenuhi bule. “Valentino Rossi makan di sini waktu dia kemari beberapa bulan lalu,” kata seorang teman saat saya berada di Labuan Bajo, akhir Juni dan awal Juli 2017.

Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Puncak Padar (Foto: Facebook Sri Mulyani)

Menteri Keuangan Sri Mulyani bukan hanya figur publik Indonesia karena menjabat sebagai Menteri Keuangan pada era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Joko Widodo (Jokowi). Ia juga tokoh dunia. Sebab, sebelum ditarik Jokowi sebagai menteri keuangan, ia menjabat Direktur Pelaksana Bank Dunia. Perempuan kelahiran Tanjung Karang, Lampung, 26 Agustus 1962 itu adalah ekonom yang disegani dunia.

Sri Mulani bersama keluarga dan kerabat mengunjungi Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo pada Sabtu, 22 Juli 2017. Ia mengunjungi sejumlah tempat seperti Pulau Rinca, Pulau Padar, dan snorkling di Manta Point.

Seluruh pengalaman itu diungkapkan Sri Mulyani di akun media sosialnya, Facebook pada Minggu 23 Juli 2017 plus foto-foto ciantik dari puncak Padar, foto bersama Komodo di Rinca, dan snorkling di Manta Point. Seketika itu juga, postingan tersebut menjadi konsumsi berita media, terutama media daring atau online.

Ia menulis begini:

Pengalaman yang mengesankan adalah pemandangan alam yang luar biasa dan masih terpelihara, suhu udara, langit biru yang bersih dan sempurna yang sangat menyenangkan karena angin sejuk dari selatan serta kebersihan yang masih terjaga. Saya mengagumi turis-turis yang menjaga kebersihan.

Saya sempat bertemu dan menyapa kelompok salah satu Bank Swasta yang melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan sampah-sampah di pantai. Luar biasa komitmen dan kerja masyarakat Indonesia yang peduli terhadap alam kita sendiri. Mari kita tiru..!

Masyarakat Flores juga sangat ramah dan welcoming terhadap turis.

Mari kita kunjungi tempat-tempat wisata indah Indonesia dan tetap menjaga kebersihan dan keindahan alam nya dengan tidak merusak dan mengotori. Labuan Bajo sangat berpotensi untuk menarik wisatawan dari para peserta Pertemuan Tahunan IMF/World Bank di Bali tahun 2018.

Jadikan Pariwisata salah satu mesin penggerak ekonomi yang inklusif, berkelanjutan, dan membanggakan Indonesia.

Saya berharap APBN dengan dana transfer ke daerah termasuk dana desa – dapat dipergunakan untuk membangun infrastruktur yang meningkatkan Pariwisata Indonesia – menyiapkan masyarakat lokal untuk dapat memperoleh manfaat pengembangan Pariwisata dengan terciptanya kesempatan kerja dan terjaganya keselarasan sosial dan terpeliharanya lingkungan alam secara berkelanjutan.

Kehadiran tokoh-tokoh dunia dan kesan positif semakin menegaskan Labuan Bajo dengan Taman Nasional Komodonya sebagai destinasi wisata utama. Lebih dari itu, kehadiran mereka membuat kawasan itu semakin mendunia.

Harapannya cuma satu, semoga Pemerintah Daerah Manggarai Barat bisa membaca peluang ini dan melakukan pembenahan infrastruktur pendukung. Bukan hanya hotel, tapi juga listrik dan air, serta jalan-jalan. Keamanan dan kenyamanan wisatawan juga harus menjadi prioritas pemerintah. (Alex Madji)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY