Home Inspirasi Benediktus XVI Bukan Fundamentalis

Benediktus XVI Bukan Fundamentalis

508
2
SHARE



Paus Benediktus XVI tidak bisa dikatakan sebagai seorang Kristen Katolik fundamentalis. Sebab dia sendiri mengeritik keras fundamentalis Kristen, seperti yang terjadi dalam peristiwa kekerasan di Norwegia pada 22 Juli 2011.

Kantor Berita AFP 20 Agustus 2011 memberitakan bahwa dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Spanyol Jose Luis Rodriguez di Spanyol, di sela-sela perayaan Hari Kaum Muda Sedunia di Madrid Spanyol, Paus Benediktus XVI mengungkapkan keperihatinannya pada munculnya ideologi Xenophobia di Eropa.

Kasus pembantaian massal oleh seorang Kristen fundamentalis (sayap kanan) Behring Breivik yang menewaskan 69 orang di Norwegia pada 22 Juli 2011 dinilainya sebagai ideologi xenophobia. Ideologi seperti ini, kata dia, mengancam nilai-nilai kebebasan beragama dan karakteristik koeksistensi masyarakat Eropa. Jadi, Paus Benediktus XVI tidak bisa dikatakan anti kebebasan beragama.

Yah, pada 22 Juli 2011 lalu, ekstrimis sayap kanan Norwegia Behring Breivik melakukan pembunuhan massal dengan cara menembak kaum muda di Pulaua Utoeya yang menewaskan 69 orang yang sebagian besar kaum muda.

Breivik (32) memilih melakukan penembakan di Pulau Utoeya karena di situlah para pemuda dari Partai Buruh Norwegia yang kini bekuasa melakukan perkemahan/pengkaderan musim panas. Sesaat sebelumnya, delapan orang tewas dalam aksi pengeboman yang terjadi di Kantor Perdana Menteri Norwegia. (Alex Madji)