Home Inspirasi Bingung

Bingung

401
SHARE

Kebingungan adalah fakta. Dia dialami oleh siapa pun. Kalau ada orang yang tidak pernah bingung, itu omong kosong. Penyebabnya macam-macam. Ada orang bingung karena terlalu banyak hal yang harus dikerjakan sehingga dia pusing sendiri harus mulai dari mana. Kebingungan dalam memilih mana yang harus dikerjakan pertama bisa membuat orang sama sekali tidak mengerjakan satu pun pekerjaannya. Inilah yang disebut kebingungan absolut. Kebingungan seperti ini membuat orang menjadi tidak produktif.

Ada juga orang bingung karena tidak ada pekerjaan sama sekali. Semua pekerjaan sudah dilakukan, sementara jam kerja masih panjang. Dia lalu mencari-cari pekerjaan. Dalam situasi seperti ini, muncullah proses kreasi. Inilah yang disebut kebingungan yang produktif. Pada tahap yang lebih jauh, proses kreasi ini bisa menghasilkan uang.

Jadi, kalau sedang dalam keadaan bingung, jangan mengambil sikap ekstrim. Artinya, bila pekerjaan banyak, dan ini membuat anda bingung, jangan lalu anda mengambil sikap untuk tidak mengerjakan satu pun pekerjaan. Mulailah dengan apa yang anda bisa. Sebab lebih baik mengerjakan satu pekerjaan daripada tidak sama sekali. Kalaupun tidak bisa selesai pada waktunya, masih ada hari esok.

Atau, kalau sama sekali tidak pekerjaan, berdiam dirilah sebentar, sekedar mengambil napas. Kadang-kadang dalam situasi seperti itu proses kreatif itu lahir. Singkatnya, jangan pernah mau ditawan oleh fakta yang bernama kebiungan itu. [Alex Madji]

Sentiong, 10 Mei 2010

SHARE
Next articlePerjuangan