Home Inspirasi Ciptakan Brand Yang Kuat Saat Peluncuran Bisnis Baru

Ciptakan Brand Yang Kuat Saat Peluncuran Bisnis Baru

495
0
SHARE
Ilustrasi

Situs www.hrmagazine.co.uk memuat sebuah artikel berjudul “Creating a strong employer brand when launching a new business” karya Ignacio Ruiz pada 11 Oktober 2013. Ruiz adalah seorang mantan Direktur HRD AbbVie UK dan sekarang menjadi Direktur Management Talent EMEA & Canada.

Saya mencoba menyadur tulisan tersebut dan mudah-mudahan bisa menginspirasi Anda sebelum meluncurkan usaha Anda atau sebelum Anda terjun pada dunia entrepreneurship.

Memiliki brand yang kuat sangat penting dalam pertumbuhan bisnis karena akan berdampak signifikan pada tingkat pertumbuhan perusahaan ke depan. Tetapi harus dimulai dari mana? Apakah dimulai pada saat rebrand ataukah pada saat peluncuran perusahaan baru secara keseluruhan? Berdasarkan pengalaman selama ini, ada beberapa saran dalam pengembangan brand sebuah perusahaan baru.

Pertama, kembangkan strategi bisnis yang lebar. Untuk langkah ini perlu perencanaan detail yang disusun sejak awal. Rencana-rencana ini akan menjadi faktor kunci dan tentukan tim yang bertanggung jawab untuk menjalankan rencana-rencana tersebut. Merekalah yang akan terus mengembangkan dan terus mengawasi brand.

Ingat bahwa brand  bukan hanya soal tim sumber daya manusia-nya, tetapi semua fungsi bisnis harus memainkan peran berdasarkan kapasitas masing-masing. Penting sekali mengembangkan strategi yang harus dijalankan secara benar sejak awal. Dalam konteks ini, tim marketing dan komunikasi organisasi menjadi ujung tombak.

Kedua, “gain insight” atau mengejar keuntungan. Salah satu tujuan mendirikan sebuah perusahaan baru adalah meraih keuntungan. Untuk meraih ini, tempatkan karyawan pada tempat yang cocok dan sesuai dengan bidang bisnis Anda. Lakukanlah penelitian guna memastikan bahwa strategi itu tepat. Kemudian lakukan penelitian pasar untuk mengetahui peta persaingan. Baru kemudian memperhatikan perusahaan-perusahaan lain di luar sektor Anda.

Ketiga, bangun dialog. Teorinya, memulai usaha baru bagaikan mengisi sebuah kanvas kosong dalam menciptakan brand. Tetapi bila membeli perusahaan lama, maka Anda mentransfer karyawan dari perusahaan lama tersebut dan perlu dilakukan re-brand. Maka, dialog adalah cara terbaik untuk menanamkan nilai-nilai dan kultur baru perusahaan kepada mereka. Dialog dengan karyawan adalah kunci untuk membagikan visi Anda, mengkomunikasikan hal-hal baru yang dibawa dan membangun sebuah budaya perusahaan baru. Dialog ini bisa dilakukan dengan berbagai cara dan memanfaatkan semua jaringan yang ada.

Keempat, pahami audiens. Lihatlah keluar untuk mengetahui posisi perusahaan Anda di mana. Untuk menempatkan diri pada posisi yang tepat maka perlu dikemas dengan cara merekrut dan menempatkan karyawan-karyawan berkualitas pada tempat yang tepat. Sekali lagi, penelitian untuk mendapatkan karyawan seperti ini akan sangat membantu terutama untuk mengetahui mind set mereka. Kuncinya, tempatkan mereka pada posisi yang Anda inginkan lalu ciptakan branding perusahaan yang sesuai. Kemudian manfaatkan semua jaringan yang dimiliki, termasuk dengan tim PR dan marketing, untuk memperlebar audiens.

Kelima, berpikir besar. Bagi kita, hal yang paling mencengangkan dari peluncuran sebuah perusahaan baru adalah kemampuan mencoba hal-hal baru. Karena itu, kreatif dan membuat daftar sejumlah gagasan baru adalah sesuatu yang mutlak. Dari daftar gagasan itu, lalu dipilah-pilah mana yang bisa diraih dalam waktu cepat dan mana yang akan butuh waktu lama. Dengan cara ini, kita terbantu membangun brand yang kuat dan unik untuk perusahaan.

Keenam, terukur. Menciptakan brand adalah sebuah proses jangka panjang. Karena itu, ukuran dan evaluasi akan selalu membantu Anda untuk mengetahui kemajuan dan perkembangannya. Kemudian kita membanding-bandingkan kondisi awal dengan kenyataan saat ini serta merancang kondisi pada bulan atau tahun-tahun mendatang.

Memiliki brand yang kuat juga sangat ditentukan oleh keterlibatan aktif karyawannya. Hal ini akan berbuntut panjang, yaitu memberi dampak yang sangat bagus untuk bisnis secara keseluruhan. Karena itu yang pertama-tama dilakukan saat membangun sebuah usaha adalah menciptakan brand perusahaan secara benar dan kuat sejak awal. (Alex Madji)