Home Inspirasi Ciptakan Startup Anda

Ciptakan Startup Anda

630
2
SHARE

Tiga hari ini saya mati angin. Tidak ada gagasan untuk menulis sama sekali. Tiba-tiba terlintas di kepala soal startup. Maka saya tulis saja tentang masalah ini. Startup menjadi sebuah kosa kata yang makin akrab terdengar saat ini, terutama di kalang penggiat internet. Secara sederhana Startup berarti usaha atau bisnis baru yang berkaitan dengan dunia maya dan mengalami perkembangan pesat. Makin akrabnya kosa kata itu seiring dengan makin suburnya pertumbuhan startup itu sendiri di Indonesia.

Tetapi saya hanya ingin menulis tentang startup, lembaga bisnis internet berbasis informasi berita. Yang patut disebut pertama adalah Detik.com. Ini adalah startup generasi pertama yang muncul ketika gelombang internet mulai muncul di Indonesia satu dekade lalu (1998). Menurut alexa.com per 27 September 2012 pukul 14.30 WIB, posisi detik.com secara global saat ini berada pada peringkat 392 dan di Indonesia berada pada peringkat ke-10. Bisnis startup yang dirintis Budi Dharsono ini kini menjadi korporasi media massa, apalagi setelah diakuisi CT Grup, milik Chairul Tanjung.

Satu dekade berikutnya, ketika gelombang kedua internet melanda Indonesia, startup-startup baru bermunculan. Yang paling terkenal pada dekade ini adalah kaskus.com. Kaskus yang merupakan kependekan dari kasak kusuk, kini menjelma menjadi forum terbesar di Indonesia dengan anggota 4.766.015 orang (posisi 27 September 2012 pukul 14.30). Di Alexa.com per 27 September 2012 pukul 14.30, secara global berada di peringkat 32.810, sedangkan di Indonesia nangkring di posisi 285.

Kaskus bukan saja menjadi acuan informasi bagi anggota forum, tetapi juga menjadi “pasar”, tempat jual beli segala macam barang. Orang cari apa saja, pasti ada di Kaskus. Pengguna/member kaskus juga memiliki istilah-istilah sendiri yang kemudian mewabah di tengah masyarakat. Khabarnya, Kaskus kemudian dibeli perusahan rokok dan membuatnya bergerak ke lembaga bisnis papan atas.

Startup lainnya yang mendapat tanggapan positif masyarakat adalah Salingsilang.com. “Salingsilang.com adalah sebuah situs yang menyediakan informasi terkini tentang apa yang sedang dipercakapkan di Internet, khususnya di berbagai kanal sosial media yang tersedia di Indonesia,” begitu perkenalan mereka di laman depan situs tersebut.

Salingsilang.com berada di bawah bendera PT Saling Silang. Bahkan mereka juga punya lembaga konsultan komunikasi bernama inmark:digital yang beriktiar membantu merencanakan dan mengimplementasikan strategi komunikasi media sosial untuk berbagai organisasi baik lembaga komersial maupun non komersial.

Per 27 September 2012 pukul 14.30 WIB, posisinya di alexa.com untuk global berada di 70.048 sedangkan di Indonesia duduk di peringkat 1.088.

Startup lainnya yang eksist dan berposisi cukup bagus di alexa.com adalah Gresnews.com. Situs berita yang fokus pada berita-berita hukum dan politik ini dipelopori oleh Agustinus Edy Kristianto, mantan wartawan Media Indonesia yang masih muda. Gresnews.com berada di bawah PT Hastabra Hemass. Versi Alexa.com, Gresnews.com berada di posisi 207.321 dunia dan 2.907 di Indonesia.

Startup lainnya adalah jaringnews.com. Situs berita ber-tag line “kredibel dan menebar optimisme’ ini didirikan oleh sosiolog Kastorius Sinaga dan diterbitkan oleh PT Jaringnews Media Bersama. Startup ini mendefinisikan dirinya begini: “Jaringnews adalah portal yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan akurasi, kecepatan serta kedalaman. Media online ini diperbaharui selama 24 jam penuh dalam sepekan, dan secara kreatif menggabungkan teks, foto, video dan suara. Jaringnews juga terhubungkan secara otomatis ke berbagai media jejaring sosial seperti twitter dan facebook.”

Versi alexa.com per Kamis 27 September 2012 pukul 14.30 WIB, jaringnews.com berada di posisi 207.321 dunia, dan di Indonesia berada pada peringkat 4.316.

Satu lagi startup yang belum berbentuk badan hukum adalah sesawi.net. Ini adalah situs berita yang mengkhususkan diri pada berita-berita tentang kekatolikan. Media ini dikelola oleh para mantan yesuit yang bekerja dalam bidang pers. Meski belum berbadan hukum, dalam arti belum berbentuk perseroan terbatas (PT), posisinya di alexa.com cukup bagus. Di dunia dia berada di urutan ke-310.758 dan di Indonesia pada 5.977 (posisi, Kamis, 27 September 2012 pukul 14.30 WIB).

Munculnya startup-startup ini memperlihatkan pergerakan kelas menengah, meminjam istilah sepakbola, dari papan tengah ke papan atas; dari kelas pekerja menjadi kelas pengusaha. Nah, mau seperti mereka? Gampang. Just make your startup. (Alex Madji)

Foto: Alex Madji