Home Makanan Ke Manado Belum Coba Nasi Kuning Saroja? Apa Kata Dunia

Ke Manado Belum Coba Nasi Kuning Saroja? Apa Kata Dunia

287
0
SHARE
Nasi Kuning Saroja Manado, Sulawesi Utara. (Foto: Ciarciar.com)

Warung Nasi Kuning Saroja terletak di Jalan Diponegoro No 9, Manado, Sulawesi Utara. Persis di sebuah pertigaan jalan. Warungnya kecil. Hanya ada kurang lebih tujuh meja. Tidak bersih-bersih amat. Juga tidak punya tempat parkir. Kalau datang dengan mobil atau motor, Anda harus memarkir kendaraan di badan jalan atau di sebuah mini market di sebelahnya.

Meski demikian, nasi kuning di warung ini terkenal dan laris. Tidak sedikit orang dari luar Manado yang memburunya setiap kali berkunjung ke kota tersebut. Saya, misalnya. Sabtu, 5 Mei 2018, panitia yang membawa rombongan wartawan untuk sebuah liputan bulutangkis di Kota Manado diajak makan siang di tempat ini. Padahal, baru pukul 11.30 waktu Indonesia Tengah. Sebenarnya belum lapar. Apalagi sudah sarapan di pesawat. Dasar suka makan. Begitu diajak, ya pantang ditolak. Sikat sampai habis. Hanya, tidak minta tambah.

Sebenarnya, ini bukan yang pertama saya makan di warung tersebut. Beberapa tahun lalu, bersama tiga rekan wartawan, juga makan nasi kuning di situ. Kami mencarinya saat jeda acara Satlak Prima yang sudah dibubarkan Kementerian Pemuda dan Olahraga pada 2017.

Dari sudut rasa, sebenarnya lumayan. Ada daging yang ditaburkan di atasnya. Ini yang membuatnya makin sedap. Porsi juga tidak banyak. Di sajikan di atas piring melamin. Kalau untuk dibawa pulang, dibungkus dalam daun kelapa yang dianyam seperti ketupat. Hanya beda ukuran. Dia lebih besar dari ketupat biasa. Penampilannya juga jauh lebih cantik.

Pilihannya cuma ada dua. Bisa pakai telur rebus atau tanpa telur. Satu porsi dengan telur dijual dengan harga Rp 20.000. Tanpa telur, cuma Rp 17.000. Dua kali makan di situ, saya selalu pesan yang dengan telur.

Kemudian saya coba mencari informasi di Mbah Google terkait Nasi Kuning Saroja ini. Dari testimoni yang ada, rata-rata kesannya lumayan positif. Kecuali soal kebersihan warung dan kondisi yang agak gelap, serta tidak adanya lahan parkir. Soal rasa, mayoritas memberi nilai positif. Bahkan Tripadvisor memberi bintang empat untuk Nasi Kuning Saroja ini.

Saya sependapat dengan penilaian tersebut. Karena itu, bila Anda baru pertama datang ke Manado maka mencicipi Nasi Kuning Saroja hendaknya menjadi salah satu prioritas Anda dalam berburu kuliner. Atau, bila Anda sudah berkali-kali datang ke Manado tetapi belum mencoba, maka Anda sebaiknya menjajal. Masa sudah jauh-jauh ke Manado, tetapi tidak mencoba Nasi Kuning Saroja. Apa kata dunia? (Alex Madji)