Home Inspirasi Kreatif Dong…

Kreatif Dong…

1221
SHARE
Foto Ilustrasi: selular.id)

Saya pernah berjanji menulis tentang isi buku Make Your Own Rules, A Renegade Guide to Unconventional Success. (Baca juga Memburu Ilmu Pengetahuan) Kini saya memenuhi janji tersebut. Namun, saya tidak ingin menulis tentang seluruh isi buku karya Wayne Rogers dan Josh Young ini. Saya hanya fokus pada topik tentang kreativitas.

Salah satu kata paling favorit dalam dunia motivasi dan entrepreneur adalah kreativitas. Bagi siapa pun yang ingin terjun di dunia entrepreneur, kreativitas adalah sesuatu yang mutlak. Kreativitas adalah sebuah kata kunci kesuksesan. Tidak ada kesuksesan tanpa kreativitas.

Namun, sering kali kata ini kehilangan makna karena terlalu sering diucapkan. Atau mungkin, ada orang yang tidak tahu lagi apa arti kata kreatif. Nah, jangan-jangan Anda juga termasuk orang yang tidak tahu atau malah bingung tentang arti dan makna kata kreatif dan kreativitas yang sesungguhnya, saking terlalu sering diucapkan.

Untuk mengatasi masalah itu, Wayne Rogers dan Josh Young mencoba mendefiniskan kata kreatif/kreativitas.

Mengutip temannya, Alan Alda, Rogers dan Young menjelaskan kata kreatif itu sebagai, “Sebuah tempat di mana belum ada seorang pun berada di sana alias sebuah tempat yang masih kosong sama sekali. Anda harus meninggalkan kota kenyamanan Anda dan masuk ke alam liar intuisi. Apa yang bakal Anda temukan akan sangat mengagumkan. Anda akan menjumpai sesuatu yang menjadi kepunyaan Anda. Itulah kreativitas.”

Menurut Wayne Rodgers dan Josh Young, tidak ada kreativitas yang terjadi secara kebetulan. Kreativitas selalu terencana atau by design. “Dalam dunia bisnis, Anda akan menghadapi berbagai macam situasi. Menghadapi situasi apa pun, Anda harus menemukan jalan keluar yang bervariasi alias cara yang kreatif, yang lain dari yang sudah pernah ada atau sudah sangat lazim. Anda harus menemukan solusi yang lain dari yang lain alias unik,” tulis Rodgers dan Young lebih lanjut.

Sehubungan dengan itu, proses kreativitas harus dimulai dengan sebuah penelitian. Data-data dari hasil penelitian itu menjadi bahan dasar yang akan Anda olah sebelum melakukan sesuatu yang baru, unik, dan belum pernah dilakukan orang lain tersebut.

Anda harus mulai dengan sebuah penelitian, baik terhadap sesuatu yang baik maupun yang buruk. Keduanya perlu digabung lalu ditimbang masak-masak, sebelum memilih. Selanjutnya, pilihan yang diambil harus diuji kesahihannya lewat praktek di lapangan. Kadang dalam perjalanan, Anda menemukan kegagalan, namun kegagalan-kegagalan itu akan menghantar Anda ke kesuksesan,” tulis mereka lebih jauh.

Wayne Rogers mencontohkan proses kreativitasnya dengan sebuah cerita tentang bagaimana ia membeli sebuah lahan yang disulap menjadi sebuah kebun anggur. Rogers mengaku sebagai seorang peminum anggur, namun bukan kolekter. Kemudian, ia mendengar ada orang yang mau jual lahan. Berkongsi dengan temannya, ia membeli lahan tersebut untuk dijadikan sebuah kebun anggur.

Namun karena pengetahuannya tentang cara menanam dan budi daya anggur sangat minim, ia harus bermitra dengan orang lain yang lebih paham dan ahli dalam urusan itu. Singkat cerita, lahan tadi, berkat kolaborasi dengan mitranya itu, kemudian menjelma menjadi sebuah kebun anggur yang sangat bagus dan sukses. Bukan hanya itu. Rogers juga menjadi penghasil minuman anggur (wine) yang paling bagus dan enak.

Keputusan Rogers untuk bekerja sama dengan pihak lain adalah salah satu cara kreatif untuk meraih kesuksesan. Tak terbayangkan, bila Rogers mengandalkan kekuatannya sendiri, maka cita-cita memiliki kebun anggur dan produksi anggur terbaik takkan terwujud. Modal yang dikeluarkan untuk membeli lahan yang luas juga akan terbuang percuma.

Dengan kata lain, proses kreatif memang tidak segampang yang diucapkan. Kadang, butuh waktu yang panjang, tenaga dan modal yang besar untuk mewujudkan apa yang diinginkan itu dalam proses kreativitas itu. Kadang gagal. Namun dengan tekad yang besar sambil belajar dari kegagalan, pada akhirnya proses kreatif itu akan membuahkan hasil memuaskan dan mencengangkan. Karena itu jangan takut berkreasi. Ayo, kreatif dong. (Alex Madji)