Home Inspirasi Kunci Menjadi Kaya, Ubah Mindset

Kunci Menjadi Kaya, Ubah Mindset

906
0
SHARE
Ilustrasi

Siapa pun bisa menjadi kaya. Jika tidak menggunakan “dengkul” sendiri, “dengkul” orang lain juga boleh. Memanfaatkan “dengkul” orang lain artinya mengeruk pengalaman sebesar-besarnya dari orang lain. Bisa dari bos, lingkungan sekitar, atau mentor bisnis. Begitulah perkataan pakar properti asal Yogyakarta Ridwan Raharja dalam acara “Ide Bisnis Talk” yang digelar Majalah Idebisnis, beberapa waktu lalu.

Mengubah mindset, itulah kuncinya. Sebab menjadi kaya bukan soal teori. “Pola pikir orang kaya juga harus tertanam dalam otak,” tegas Ridwan.

Dalam sebuah proses usaha, kata Ridwan, beruntunglah orang yang pernah ikut orang lain. Selain bisa menimba ilmu, ada hal-hal sepele yang bisa dipelajari untuk melangsungkan usaha kelak. Ridwan sendiri mengaku gara-gara tidak pernah bekerja untuk orang lain, dia beberapa kali terkena tipu kliennya atau bahkan orang kepercayaannya.

Soal utang misalnya. Antara orang yang berpengalaman dengan yang tidak, akan berbeda cara menghadapinya. Untuk membayar utang, orang kaya tidak akan menyentuh hartanya. Dia memilih untuk meminjam kepada orang lain. Prinsipnya, untuk kaya, harta tak boleh berkurang, tapi harus bertambah, meski dengan utang.

Sumber: Majalah Intisari edisi Januari 2014 hal 123.