Home Inspirasi Meg Whitman, Mencoba Mengulangi Sukses di eBay

Meg Whitman, Mencoba Mengulangi Sukses di eBay

610
0
SHARE


Meg Whitman atau yang bernama lengkap Margaret Cushing Whitman baru saja dinobatkan sebagai Chief Executive Officer (CEO) Hewlett-Packard Co, sebuah perusahan teknologi komputer terkemuka Amerika Serikat (AS), tepatnya pada 22 September 2011 pekan lalu.

Perempuan kelahiran Cold Spring Harbor (Long Island) New York 4 Agustus 1956 ini diangkat sebagai Presiden dan CEO perusahan tersebut menggantikan Leo Apotheker yang baru berkuasa sejak Februari 2011 silam.

Berbicara Meg Whitman tidak lain berbicara tentang kesuksesan. Lulusan Princeton University dan Harvard Business School ini selalu menjadi eksekutif di beberapa perusahaan. Pada 1980-an, mantan Calon Gubernur California ini menjabat sebagai Wakil Presiden Strategic The Walt Disney Company. Lalu pada 1990-an perempuan dari Partai Republik ini menjadi eksekutif DreamWorks, Prokter&Gamble, dan Hasbro.

Kemudian selama 10 tahun (1998-2008) dia menjabat Presiden dan CEO eBay. Di sinilah kesuksesan dia yang paling fenomenal. Tangan dinginnya sangat teruji di sini. Bayangkan dia mampu mengembangkan eBay dari sebuah perusahan kecil dengan hanya 30 karyawan dan penghasilan 4 juta dolar Amerika Serikat (AS) per tahun menjadi sebuah perusahan besar dan raksasa dengan 15.000 karyawan dan penghasilan per tahun mencapai 8 miliar dolar AS. Hebatnya lagi, perempuan beranak dua ini berhasil mencatatkan eBay pada bursa saham AS.

Pencapain itu sungguh luar biasa, bila dilihat kondisi eBay ketika dia masuk pertama kali ke perusahan tersebut. Ketika Whitman bergabung, eBay hanyalah sebuah website sederhana berwarna hitam putih. Pada hari pertama berkantor di eBay, website itu malah mati selama delapan jam.

Semangat untuk membangun website ini lalu bertumbuh pada dirinya. Dia lalu membentuk sebuah tim eksekutif baru. Dia kemudian memimpin perusahan ini dengan membaginya ke dalam 23 kategori bisnis. Setiap kategori memiliki eksekutif masing-masing, termasuk 35.000 subkategori.

Lalu pada 2004, Whitman membuat beberapa perubahan kunci dalam manajemen timnya. Jeff Gordon mengambil alih Paypal, lalu Matt Bannick mengontrol operasi internasional dan Bill Cobbs diangkat sebagai pengontrol untuk operasi wilayah Amerika Serikat dengan logo Amerika Serikat yang mentereng. Sedangkan setiap situs internasional memiliki brand yang unik.

Singkat cerita, di bawah kepemimpinannya, eBay berkembang pesat dan menjadi perusahan besar di Negeri Paman Sam itu. Setelah sukses membesarkan eBay, Whitman keluar dari perusahan itu pada November 2007. Meski demikian, dia tetap masih menjabat sebagai board perusahan itu hingga 2008 sebelum akhirnya dia betul-betul melepaskan eBay.

“Saya sudah katakan bahwa 10 tahun adalah waktu yang cukup untuk berada bersama sebuah perusahan, termasuk perusahan seperti ini. Sekaranglah waktunya untuk seorang pemimpin baru, dengan perspektif baru dan visi baru,” ujarnya ketika itu.

Atas kesuksesannya bersama eBay itu, istri Griffith Rutherford Hars IV itu, menerima berbagai penghargaan. Dia dinobatkan sebagai satu dari lima perempuan berpengaruh oleh Majalah Fortune. Sementara Harvard Business Review menobatkannya sebagai CEO terbaik nomor delapan pada masa itu (dekade yang lalu). Sedangkan Financial Times menobatkannya sebagai salah satu dari 50 orang sukses pada periode itu.

Kesuksesan itu pula yang membuat HP memilih ibu dari Griffith Rutherford Harsh V dan William Whitman Harsh itu menjadi CEO dan Presidennya. Tentu dengan sebuah harapan bahwa dia mengulangi kesuksesannya selama memimpin eBay. Dengan begitu dia membawa HP semakin berkibar dan menjadi perusahan teknologi komputer paling terkemuka di dunia. (Dari berbagai sumber/Alex Madji)