Home Peciar Nikmatnya Bubur Manado di Taman Kota 1 BSD

Nikmatnya Bubur Manado di Taman Kota 1 BSD

291
SHARE
Pintu masuk Taman Kota 1 BSD. Foto: Ciarciar.com

Taman Kota I Bumi Serpong Damai (BSD) adalah sebuah ruang publik yang sangat bagus di kawasan Tangerang. Ia menjadi oase yang begitu sejuk untuk warga BSD dan sekitarnya. Bentuknya seperti hutan di tengah kota dengan pohon-pohon tinggi menjulang. Sangat teduh.

Panas terik Minggu, 29 April 2018 siang tidak terasa karena rindang pepohonan. Banyak aktivitas warga dilakukan hari itu di bawah rimbunnya dedaunan. Mulai dari jalan-jalan, joging, para pemuda yang main restok, latihan tinju, ada pula yang bermain bulutangkis dengan anak-anak mereka, sampai kegiatan ceramah keagamaan. Ada pula sekelompok mahasiswa kedokteran dari sebuah universitas yang melayani tensi dan tes darah.

Selain itu, ada tempat mainan anak-anak, seperti ayunan dan kereta mainan berbayar. Ada pula stan-stan untuk menawarkan berbagai produk, terutama di plaza dekat pintu masuk. Bahkan, ada beberapa gadis cantik atau sales promotion girls yang menjual produk rokok merek tertentu. Pokoknya ramai.

Saya joging di sana pukul 11.00 siang, setelah jalan ringan dua putaran bersama anak sulung dan tendang-tendang bola bersama si bungsu. Bola sempat terpantul ke kali yang airnya agak kotor setelah membentur tiang restok. Saya harus mencopot sepatu untuk mengambil bola tersebut. Ibu mereka juga jalan dua putaran. Meski demikian, saya lihat, keringat bercucuran. Saya sendiri bermandikan keringat setelah joging lima setengah putaran.

Ruang publik ini juga dilengkapi beberapa warung makan yang menyajikan berbagai jenis makanan. Mulai dari mie rebus, gorengan, dan masih banyak lagi jenis jajanan lainnya. Dan, inilah tantangan terberat setiap kali selesai olahraga di tempat seperti itu.

Kami tergolong tidak kuat menghadapi tantangan tersebut. Setelah membakar lemak, istri mengajak mampir di warung Manado yang terletak di sebelah kanan pintu masuk taman tersebut. Kata pemiliknya, warung itu baru saja dibuka Sabtu, 28 April 2018. Di sana, hanya ada dua jenis makanan yang dipromosikan pada spanduk yang membungkus bagian depan warung, yaitu es kacang merah dan Bubur Manado.

Bubur Manado di Taman Kota 1 BSD, Tangerang. (Foto: Ciarciar.com)

Namun, selain dua jenis makanan tersebut, ternyata masih ada pisang goreng, bolu, dan onde-onde. Istri yang lebih dulu mampir ke situ langsung memesan bubur Manado. Saya, setelah menghabiskan air mineral dua botol sedang, mengambil pisang goreng dua. Setelah itu masih pesan lagi bubur Manado.

Kebetulan sudah jam 12 siang. Pikir saya, sekalian makan siang. Maka dipesanlah Bubur Manado. Sebagai temannya, ditawarkan sambal roa atau sambal teri. Istri memilih sambel roa. Giliran saya, juga ditawari ikan cakalang suir. Tentu saja saya pilih yang terakhir.

Keringat belum kering, Bubur Manado panas dengan ikan cakalang suir sudah tersaji. Uapnya masih membuih. Sedap, pikir saya. Saya langsung mencampurkan ikan cakalang suir dalam bubur, lalu mengaduk, dan mulai mencicip pelan-pelan. Tentu saja ditiup sebelum masuk ke mulut agar tidak terlalu panas. Ternyata, benaran, enak. Ikan cakalang suir itu memberi rasa lebih, termasuk rasa pedas. Perlahan saya menikmatinya hingga akhirnya habis.

Harganya juga tidak terlampau mahal. Hanya Rp 16.000. Padahal, menu yang sama juga dijual di warung milik si tante itu di sebuah ruko di kawasan BSD. Namun, harganya bisa mencapai Rp 25.000. Bisa juga dipesan lewat ojek daring (dalam jaringan). Tentu saja, harganya menjadi sedikit lebih mahal. Sementara anak-anak hanya memesan mie goreng di warung sebelah. Begitulah makan siang kami hari itu.

Setelah makan, ada sedikit penyesalan. Sebab, kalori yang keluar langsung terbayar lunas oleh yang masuk. Malahan lebih besar yang masuk. Namun pada saat bersamaan muncul tekad untuk membakarnya lagi pada olahraga beberapa hari kemudian. Semoga terwujud.

Setelah kenyang kami pulang ke rumah, mandi-mandi, ditutup dengan tidur siang sambil menunggu datangnya malam. Nah, kalau Anda punya waktu, coba saja main ke sana dan jangan lupa nikmati Bubur Manado di Taman Kota 1 BSD tersebut. (Alex Madji)