Home Inspirasi Pesepakbola Beragama Muslim

Pesepakbola Beragama Muslim

899
8
SHARE


Saya iseng bertanya begini ke Mbah Google. “What’s the religion of Robin van Persie?” Ternyata pertanyaan serupa pernah diperbicangkan di sebuah forum bernama soccer game. Saya coba membaca semua komentar dalam forum tersebut. Tidak satu pun yang yakin bahwa Robin Van Persie adalah seorang muslim. Mereka mendengar rumor bahwa Van Persie sudah mualaf setelah menikah dengan seorang perempuan Belanda keturuan Maroko yang kini menjadi istrinya.

Link lain, http://wiki.answers.com/Q/What_is_robin_van_persie%27s_religion, menjawab pertanyaan saya begini, “Istrinya (Robin van Persie) seorang muslim. Tetapi dia sendiri bukan seorang muslim. Dalam wawancara yang dimuat di sini http://www.dutch-football.com/football/articles/robin_van_persie_holland_netherlands_euro_2008.shtml) Van Persie menegaskan, “Saya percaya pada diri saya sendiri. Ketika Anda seorang yang baik, hal itu memberi hal positif kepada masyarakat. Sebuah dunia yang lebih baik dimulai dari rumah.”

Kemudian dilanjutkan, “Tidak benar. Saya bukan muslim, juga bukan Kristen atau Yahudi. Saya orang liberal. Bila Anda mau menjadi muslim haruslah berasal dari hati. Saya tidak ingin hanya menyenangkan istri saya. Beriman bagi saya adalah sebuah pencarian untuk menjadi manusia yang baik.”

Pada bagian lain, Mbah Google mencomot sebuah artikel tentang para pesepakbola beragama muslim. Sang penulis mengaku sudah melakukan penelitian atas sejumlah pemain. Hasilnya, dia membuat daftar 10 pemain sepakbola terkenal yang beragama muslim. Tetapi dalam daftar itu, nama Van Persie tidak ada. Bahkan disebutkan, dalam berbagai forum diskusi disebutkan bahwa Van Persie bantah sudah mualaf.

Inilah daftar 10 pesepakbola terkenal yang beragama muslim.
1. Nicolas (Bilal) Anelka. Bekas striker Chelsea ini masuk islam pada 2004 ketika bermain di UAE setelah berdiskusi tentang agama dengan teman masa kecilnya. Dia mengambil nama muslim Abdul-Salam Bilal.

2. Franck (Bilal) Ribery. Pemain tim nasional Prancis ini juga sudah mualaf setelah menikah dengan perempuan Prancis keturunan Aljasair. Ribery pernah berujar, “Saya berdoa lima kali sehari. Saya lakukan itu karena bisa membuat saya terbebaskan dan merasa lebih baik.”

3. Kolo (Habib) Toure. Bek tengah Manchester City asal Pantai Gading ini adalah seorang muslim yang aktif mempraktekkan agamanya. Keluarganya pun muslim. Dia bercita-cita menjadi role model bagi kaum muda muslim di Inggris.

4. Frederick (Oumar) Kanoute. Pria Prancis keturunan Mali ini bermain untuk Sevilla dan tim nasional Mali. Dia memeluk islam sejak umur 20 tahun.

5. Karim Benzema. Pemain Real Madrid dan tim nasional Prancis ini dilahirkan oleh orang tua keturunan Aljasair-Kabyle. Dia menghayati keislamannya secara terbuka.

6. Samir Nasri. Seperti Benzema, Nasri juga berasal dari keluarga Prancis keturunan Aljasair. Dia seorang muslim. Meski pacar/istrinya adalah seorang non muslim.

7. Yaya Toure. Bekas pemain Barcelona yang kini bermain di Manchester City ini adalah adik Kolo Toure. Seperti abangnya, Yaya adalah seorang muslim yang mempraktekkan agamanya.

8. Hatem Ben Arfa. Pemain internasional Prancis ini berasal dari keluarga keturunan Tunisia. Seluruh keluarganya adalah muslim, termasuk dia.

9. Khalid Boulahrouz. Bekas bek Chelsea ini adalah pemain internasional Belanda keturunan Maroko. Sekarang dia bermain untuk Stuttgart di Jerman. Dia adalah muslim Suni seperti kebanyakan orang Maroko Berber.

10. Abou Diaby adalah orang Prancis keturunan Pantai Gading. Pemain tim nasional Prancis ini juga menjalankan agamanya (Islam) dengan baik.

Masih punya daftar nama para pemain sepakbola terkenal, terutama yang berlaga di liga-liga elit di Eropa dan beragama muslim? Silahkan tambah sendiri di bawah ini.

Sumber gambar: http://coolspotters.com/athletes/robin-van-persie/photos_videos/1446515#medium-1446515