Home Inspirasi Spanyol Terbaik

Spanyol Terbaik

474
0
SHARE


Kali ini saya buat catatan tentang bola. Tentang liga sepakbola terbaik di jagat raya ini, setelah tersingkirnya Manchester United (MU) dan Manchester City dari ajang Liga Europa.

Liga Utama Inggris selama ini diamini publik sebagai liga terbaik di dunia. Dia menggeser Liga Italia yang pada satu dekade silam menjadi kiblat sepakbola dunia. Sekarang Liga Italia tergusur di belakang La Liga Spanyol yang diyakini masih satu kelas di bawah Liga Utama Inggris.

Tetapi melihat hasil kompetisi di kancah Eropa musim ini, klaim Liga Inggris sebagai yang terbaik digugat habis. Sebab tim-tim papan atas negara itu gugur pada fase grup di Liga Champions. MU kalah bersaing dari Benfica. Manchester City tersingkir oleh Napoli. Kedua klub itu lalu terlempar ke kompetisi kelas dua, Liga Europa.

Hanya Arsenal dan Chelsea yang masuk ke babak 16 besar. Itu pun, Arsenal kandas di tangan Milan, setelah takluk 4-0 di San Siro dan menang 3-0 di Stadion Emirates. Di babak perempat final, Inggris hanya diwakili Chelsea yang lolos secara dramatis karena berhasil menyingkirkan Napoli yang sudah unggul 3-1 pada leg pertama di Stadion San Paolo tetapi akhirnya bisa berbalik menang 4-1 di Stamford Bridge.

Di Liga Europa, nasib tim-tim Inggris lebih buruk lagi. MU dan City memang lolos ke-16 besar, tetapi mereka gagal ke perempat final setelah kalah bersaing dengan Athletic Bilbao (Spanyol) dan Sporting Lisbon (Portugal). Akibatnya, tidak ada satu pun wakil Inggris di ajang tersebut.

Coba bandingkan dengan Spanyol. Di Liga Champions, mereka mengutus Barcelona dan Real Madrid ke perempat final. Keduanya malah favorit juara pada turnamen paling bergengsi di Eropa ini. Di Liga Europa, wakil Spanyol lebih banyak lagi. Di perempat final, Spanyol diwakili Atletico Madrid, Athletic Bilbao, dan Valencia.

Sir Alex Ferguson, pelatih MU, setelah timnya disingkirkan Athletic Bilbao di Stadion San Memes, mengatakan bahwa Bilbao adalah salah satu favorit juara Liga Europa.

Dari data di atas, patut kita bertanya, masihkah kita menilai Liga Utama Inggris sebagai yang terbaik di muka bumi ini? Bukankah liga terbaik itu sudah diambil alih Spanyol?

Nah, kalau saya berpendapat, tahun ini La Liga Spanyol adalah yang terbaik di dunia, seperti pernah dibilang Xavi Hernandez, gelendang brilian Barcelona. Sebab mereka mendominasi Liga Champions dan Liga Europa.

Pendapat itu semakin diperkuat lagi bila melihat hasil Piala Dunia dan Piala Eropa, dimana mereka menjadi juara Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Pendapat yang menyebutkan bahwa liga yang terbaik selalu menghasilkan tim nasional yang terbaik juga menjadi terbukti benar. Jadi, saat ini La Liga Spanyolah yang terbaik di jagat raya ini. Bukan Inggris. (Alex Madji)