Home Tentang Ciarciar

Tentang Ciarciar

Ciarciar.com adalah kelanjutan dari blog http://ciar-ciar.blogspot.com yang sudah terbit sejak 2011. Sebenarnya blog ini sudah dimulai 2010, tetapi baru diisi secara rutin sejak  pertengahan 2011. Lalu mulai September 2013, saya mencoba mengembangkannya menjadi weblog dengan membayar domain dan menyewa hosting.

Ciarciar berasal dari kata “Ciar”. Ini kosa kata Bahasa Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).  Di bagian lain wilayah itu, kata ini diucapkan “Siar”. Meski pengucapan beda, tetapi maknanya sama yaitu, segar, menyegarkan, atau tiba-tiba semangat dari sebuah situasi yang tadinya lelah, letih, dan lesu. Dalam Bahasa Indonesia, kata “Siar” ini memiliki beberapa arti. Pertama, berjalan-jalan ke sana kemari. Kedua, Siar (menyiarkan) berarti menyebarkan, menebarkan. Ketiga, membakar sampai pijar.

Pendobelan kata “Ciar” menjadi “Ciarciar” adalah sebuah kesalahan teknis pada awal pembuatan blog http//ciar-ciar.blogspot.com. Berhubung nama ini sudah cukup akrab dengan saya, maka Ciarciar “dibakukan” menjadi satu kata. Dengan menggunakan nama Ciarciar, blog ini bermaksud untuk memberi semangat dan kesegaran bagi para pembacanya. Pembaca yang tadinya lelah, loyo, dan kehilangan tenaga, semangat dan arah, dengan membaca Ciarciar kembali tersemangatkan. Ciarciar ingin membakar dan mengobarkan semangat atau spirit para pembacanya. Tidak hanya berhenti di situ. Diharapkan, setelah membaca Ciarciar, pengunjung bisa mengalami transformasi atau ada perubahan mind set. Di bawah semangat itu, saya mengusung tagline Sharing knowledge and experiences. Ya, saya ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang apa saja. Yang penting bermanfaat.

Selama “ngeblog” gratis di blogspot, Ciarciar belum memiliki fokus pada isu-isu tertentu. Tetapi kali ini, diputuskan untuk fokus sebagai weblog inspirasi. Ini dipilih karena dalam hampir dua tahun blog itu berjalan, taglinenya adalah “Inspirasi Anda”. Karena itu, blog ini fokus pada kisah-kisah inspiratif yang menyegarkan, menyemangati dan mendorong para pembacanya untuk segara bangkit dari kondisi saat ini dan bergerak maju ke situasi lain yang lebih baik, sesuai makna kata “Ciar” atau “Siar” tadi.

Kisah-kisah inspiratif itu ada di berbagai bidang: Politik, hukum, ekonomi, bisnis, sosial, olahraga, dan sebagainya. Cerita-cerita inspiratif ini bisa diperoleh baik melalui wawancara maupun dari bahan-bahan bacaan entah buku, majalah, atau media-media massa cetak dan online. Semoga keinginan atau “cita-cita” itu bisa terwujud dan Anda pun tidak berhenti di sini, tetapi terus bergerak maju karena kisah-kisah inspiratif Ciarciar.

Satu lagi komitmen Ciarciar adalah menyajikan kisah-kisah itu dengan gaya bertutur yang mengalir dan enak dibaca. Juga diupayakan untuk menggunakan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Kalau ada ayang mengganjal Anda saat membaca artikel-artikel di weblog ini, silahkan kKirim kirik dan saran. Juga, bila punya rekomendasi tokoh atau siapa saja yang bisa diwawancarai sebagai figur inspiratif, kirim saja ke meja redaksi. Demikian juga untuk informasi dan undangan-undangan seminar atau informasi apa pun. Silahkan kirim ke redaksi.ciarciar@gmail.com atau amadji@yahoo.com. Bisa juga sampaikan ke WA di nomor 081285042294. Lewat Twitter juga bisa di @alexmadji atau @ciarciar1.

Salam

Alex Madji