Home Inspirasi Tips Air Putih Chris John

Tips Air Putih Chris John

384
0
SHARE


Senin, 27 Februari 2012, saya bertemu Chris John. Penampilannya sederhana. Hanya mengenakan celana pendek dan kaus. Sebuah ransel di punggungnya. Dia mampir sebentar ke kantor, sebelum berangkat ke Bandara Soekarno-Hatta untuk selanjutnya terbang ke Markas WBA di Panama untuk menerima sebuah penghargaan yang cukup prestisius. Tak tampak bahwa dia adalah seorang bintang.

Penampilan Chris John juga jauh dari sangar. Kesangaran adalah ukuran umum seorang petinju. Tidak ada setitik pun tato di tubuhnya. Juga tak ada tindik pada wajahnya. Kulitnya pun putih bersih. Tidak juga terlalu berotot seperti para binaragawan. Tetapi badannya tetap padat berisi. Dia sempat berganti kaos. Kaus putihnya diganti kaus merah lengan buntung yang disimpan begitu saja di ranselnya untuk sesi foto-foto.

Pada pertemuan itu, Chris John yang kini berumur 31 tahun berbicara panjang lebar tentang prestasi tinju nasional. Menurut suami Anna Maria Megawati ini, petinju amatir di Indonesia cukup bagus. Tetapi petinju profesional masih sangat kurang. Hal itu terjadi karena pertandingan pada tingkat internasional sangat minum. Karena itu, perlu disain dari seluruh stake holder untuk memajukan tinju tanah air. Khawatirnya, setelah era Chris John, tidak ada lagi petinju yang mengukir prestasi.

Dia juga berbicara soal beberapa tinju yang meninggal usai bertarung di atas ring. Menurut dia, sangat mungkin para petinju itu meninggal karena kurang minum air putih. Ini sengaja dilakukan untuk menurunkan berat badan sehingga memenuhi standar kelas yang dipertandingkan. Padahal, otak manusia dibungkus oleh begitu banyak cairan. Begitu cairan menipis akibat kurang minum, maka saat batok kepala kena pukulan lawan, maut pun tak bisa ditolak.

Mengurangi konsumsi air, kata dia, memang efektif menurunkan berat badan. Tetapi sangat tidak bagus untuk kesehatan seorang petinju. Karena itu, minumlah air putih yang banyak. Inilah cara perlindungan pertama seorang petinju. Dan bagi masyarakat awam, ini adalah cara hidup sehat yang paling ampuh.

Tetapi ketika ditanya seberapa banyak Chris John mengkonsumsi air minum, pria yang bercita-cita ingin membagikan pengetahuan tinjunya kepada banyak orang pascapensiun dari dunia gebuk menggebuk ini tidak memaparkan dengan gamblang, misalnya berapa gelas sehari. “Saya minum air putih sampai saya tidak haus,” ucapnya singkat.

Jadi minumlah air putih yang cukup. Hindari minuman-minuman yang manis, apalagi yang bersoda demi kesehatan tubuh Anda. Beli air putih jauh lebih murah dibandingkan biaya masuk rumah sakit karena kekurangan minum air putih yang pada akhirnya merusak organ tubuh seperti ginjal. Akhirnya, terima kasih Chris John atas tips minum air putihnya. (Alex Madji)

Foto: Diambil pakai Blackberry