Home Inspirasi Tips Dasar Menjadi Penulis Lepas

Tips Dasar Menjadi Penulis Lepas

469
1
SHARE

Anda Ingin menjadi seorang penulis lepas sebagai sebuah profesi? Bila iya, sebelum mengambil keputusan itu perhatikan dulu sejumlah hal sangat mendasar dan penting berikut ini. Maksudnya, agar pilihan Anda itu tidak keliru.

Pertama, pastikan diri Anda memang punya bakat menulis. Bukan hanya itu, pastikan bahwa menulis sudah menjadi darah daging Anda. Ibaratnya, bila Anda tidak menulis, Anda pusing. Dengan kata lain, Anda tidak pernah berhenti menulis dan semangat menulis harus tetap berkobar di dalam diri setiap saat.

Kedua, semangat menulis yang berkobar-kobar saja tidak cukup. Tulisan yang dihasilkan juga harus memenuhi kaidah, bermutu, dan informatif. Dengan kata lain, harus ada keterampilan menulis dan di atas itu semua harus memiliki pengetahuan. Untuk mendapat pengetahun maka syarat mutlaknya adalah membaca. Jangan pernah berharap mendapat pengetahuan tanpa pernah membaca. Makin banyak Anda membaca, makin luas pengetahuan yang Anda miliki. Hal itu akan berdampak pada tulisan Anda yang makin kaya dan makin dalam. Pada tingkat tertentu Anda akan menjadi seorang ahli.

Ketiga, atur waktu sebaik mungkin. Persoalan utama dan tantangan terbesar menjadi seorang penulis lepas adalah kemampuan mengatur waktu. Maklum menjadi penulis lepas tidak ada yang mengontrol, selain diri sendiri. Anda menjadi manajer untuk diri Anda. Maka kemampuan mengatur waktu dan mentataatinya menjadi sangat penting. Tanpa itu, Anda hampir pasti akan gagal menjadi seorang penulis lepas. Karena itu musti ditetapkan sejak awal jumlah jam tertentu dalam seminggu untuk menulis, misalnya 40 jam per minggu untuk menulis dan itu harus ditaati.

Keempat, Bila tiga hal di atas sudah berjalan dengan baik, hal lain yang perlu dijalankan adalah “pemasaran”. Anda perlu memasarkan diri anda sendiri sebagai penulis lepas yang handal, berkualitas, dan produktif. Sebab, meskipun pasar penulis lepas ada, tetapi tanpa pemasaran yang cukup Anda tidak akan dikenal orang. Pilihlah cara-cara pemasaran yang jitu dan murah untuk merebut pasar.

Kelima, bila sudah punya pasar maka Anda siap memetik hasilnya yaitu mendapat penghasilan yang tidak kecil dari dunia tulis menulis. (Alex Madji)