Home Inspirasi “Top 10” Bloger Terkaya Dunia

“Top 10” Bloger Terkaya Dunia

699
0
SHARE

Selasa, 15 Januari 2013 malam, hujan menguyur rata seluruh Jabodetabek. Tetapi di kawasan Bintaro, tidak sederas di Jakarta. Di bawah suasana yang bagus itu, saya membaca sebuah majalah berbahasa Inggris terbitan Indonesia “Soewarna Digest” edisi Oktober 2012. Ada sebuah artikel menarik di sana tentang 10 bloger terkaya di dunia. Ke-10 orang ini diurutkan berdasarkan besaran penghasilan bulanannya dalam dolar Amerika Serikat (AS) dari kegiatannya “ngeblog”.

Pertama, Michael Arrington. Pria ini mendirikan TechCrunch, sebuah startup berorientasi sebagai blog teknologi pada 2005. Perkembangan selanjutnya, blog ini menjadi acuan utama untuk informasi teknologi. Kemudian TechCrunch dibeli raksasa internet AOL pada 2010. Meski sudah dibeli, Arrington tetap mengontrol TechCrunch dan menyandang status sebagai editor independen di AOL. Total penghasilannya antara 500.000-800.000 dolar Amerika Serikat per bulan.

Kedua, Pete Cashmore. Pada umur 25 tahun, Cashmore sudah menjadi blogger termuda yang paling tajir. Blognya, Mashable, fokus pada berita-berita media sosial dan teknologi dan yang menjadi terdepan dalam bidang ini. Mashable adalah salah satu dari 10 blog teknologi terbaik serta menjadi acuan utama untuk topik-topik tentang hosting dan media sosial. Total penghasilannya, baik dari iklan display maupun pay per clik (bayar per klik) mencapai 560.000-600.000 dolar AS.

Ketiga, Perez Hilton. Pria ini tidak ada kaitannya dengan kerjaan bisnis Hilton Grup. Perez Hilton adalah nama samaran dari Mario Lavandeira. Blognya fokus pada informasi tentang para selebriti, termasuk informasi yang paling rahasia dan gosip tentang para pesohor itu plus feature ekslusif yang diterbitkan secara rutin. Penghasilan Perez per bulan dari blognya mencapai 200.000-400.000 dolar AS.

Keempat, Vitaly Friedman. Bersama temannya, Sven Lennartz, pada 2006, Friedman mendirikan “Smashing Magazine” yaitu blog tentang disain dan perkembangan blog, lengkap dengan tutorial, tips, dan informasi terkait bloging lainnya. Blognya menjadi acuan utama untuk informasi sekitar perkembangan dunia web dan disain. Total penghasilannya mencapai 150.000-190.000 dolar AS per bulan.

Kelima, Timothy Skyes. Pria ini tadinya adalah seorang pedagang pasar modal yang sukses. Tetapi pada saat bersamaan dia aktif menulis dan mengupload artikel-artikel tentang investasi dan keuangan di blog pribadinya. Dia mendapat banyak uang dari bisnis offlinenya, termasuk investasi di pasar saham. Dia menjadi konsultan investasi dan analisis-analisisnya menjadi acuan. Dia juga menjual DVD tentang pelatihan investasi. Total pendapatannya mencapai 150.000 dolar AS per bulan.

Keenam, Jake Dobkin. Pria ini adalah pendiri dan pemilik blog Gothamist. Blog ini fokus pada informasi-informasi gaya hidup perkotaan. Blog ini juga membuat catatan kritis atas restoran, bar, film, event olahraga, dan gosip-gosip terhangat. Awalnya blog ini menyingkap seluruh gaya hidup perkotaan di New York, tetapi kemudian melebar ke beberapa kota besar dunia dari London hingga Shanghai.

Ketujuh, Collis Taeed. Pria ini mendirikan blog TutsPlus yang fokus pada tutorial, tips dan sumber-sumber populer soal software disain grafis, produksi musik, editing video dan sebagainya. Blog ini kemudian dikembangkan menjadi website dengan tetap pada fokus yang sama. Total penghasilan per bulannya dari iklan dan keanggotaan mencapai 55.000-120.000 dolar AS.

Kedelapan, Gina Trapani. Dia adalah satu-satunya perempuan yang masuk “top 10” bloger terkaya dunia. Perempuan ini ikut mendirikan blog Lifehacker. Dia masih rutin menulis untuk blog ini, sambil mengelola website-website kenamaan Fast Company dan Harvard Business Online. Dari blognya saja, wanita cantik ini membukukan penghasilan 110.000 dolar AS per bulan.

Sembilan, Matt Marshall. Pria ini adalah seorang wartawan berprestasi yang kemudian terjun ke dunia bloging. Dia mebentuk blog Ventura Beat pada 2006 yang fokus pada teknologi dengan sasaran pembaca para penguasha. Lebih spesifik lagi, Matt mendalami teknologi hijau dan media sosial. Kini Matt menjadi pemimpin redaksi blognya dengan total penghasilan 50.000-100.000 dolar AS per bulan.

Kesepuluh, Ewdison Then. Pria ini mendirikan blog Slash Gear pada akhir 2005 yang fokus pada gadget dan teknologi. Sekarang blog ini menempati peringkat keempat dalam daftar blog yang berkaitan teknologi dengan jutaan pengunjung per bulan. Sumber penghasilannya berasal dari iklan, bayar per klik, dan skema afiliasi.

Nah mau seperti mereka? Tinggal mulai “ngeblog” sekarang juga dan tekuni blog Anda tersebut. Jangan menunggu, karena waktu terus berlari dan tidak berkompromi dengan kita. (Alex Madji)

Foto: Gina Trapani (Sumber: lifehacker.com)