Home Inspirasi Warung-warung Kopi di Sekitar Pasar Segar Bintaro

Warung-warung Kopi di Sekitar Pasar Segar Bintaro

197
SHARE
Foto: Ciarciar.com

Minum kopi sudah menjadi budaya masyarakat kita. Di pojok-pojok kota bertebaran warung kopi. Bagaikan cendawan di musim hujan. Meski berdiri berdempetan, tetap saja ada yang datang. Di kawasan Bintaro, daerah Serpong Utara, Tangerang Selatan, misalnya. Warung kopi berjejer dalam jarak kurang dari satu kilometer.

Mari kita mulai dari Pasar Segar yang terletak di Pondok Jagung. Di dalam pasar itu, ada dua warung kopi yang berdiri berdampingan. Graha Kopi dan Laku Kopi. Namun, yang selalu buka hanya Laku Kopi. Graha Kopi jarang buka. Mungkin karena warung kopi milik ahli kopi Hadi Lesmono itu lebih sebagai penyuplai kopi.

Sebab, Laku Kopi dan beberapa warung kopi di sekitarnya juga membeli kopi dari sana. Koleksi kopinya memang lengkap. Berbagai macam kopi dari seluruh Indonesia ada di situ. Baik yang sudah disangrai, maupun belum. Super lengkap.

Suatu hari, saya pernah duduk ngopi di Laku Kopi di Pasar Segar itu. Menikmati sajian kopi panas sambil ngobrol ngalor-ngidul dengan pelayannya. Tidak selalu banyak yang nongkrong di situ. Tetapi selalu ada. Di sini ruangannya terbuka. Jadi bisa ngopi sambil menyulut keretek.

Di luar Pasar Segar, persis pada ruko (rumah toko) di sampingnya, persisnya di Cornelia Residence, ada satu warung kopi lagi. Namanya, Ruang Konspirasi (Kopi dan Inspirasi). Juga punya pelanggan sendiri. Ini jadi tempat kongkow ibu-ibu, orang tua murid sebuah sekolah yang tepat terletak di samping kiri Pasar Segar. Tempatnya nyaman karena berpendingin ruangan.

Foto: Ciarciar.com

BACA JUGA

Ke arah utara dari Pasar Segar, pada jarak tidak lebih dari 400 meter, juga ada warung kopi. Namanya, Djadjan Koffie. Ini bukan ruko seperti warung-warung kopi yang sudah disebut sebelumnya, tetapi sebuah rumah yang disulap jadi warung kopi. Kebetulan berada di pinggir jalan utama.

Hanya sepelemparan batu dari Pasar Segar, persisnya hanya 200 meter ke arah timur, di deretan ruko Carisa, ada juga warung kopi lain. Ruang Kopi Lantai Dasar, namanya. Warung kopi ini pindahan dari ruko Fiera, Pondok Kacang Barat. Sebelum pindah, saya pernah juga ngopi di situ. Kebetulan hanya selangkah dari rumah. Pernah juga rapat urusan kegiatan lingkungan di sini.

Kira-kira 2.500 meter dari Pasar Segar, tepatnya di ruko Althia, juga ada Laku Kopi. Di sana juga nyaman. Ditemani musik yang enak, Anda bisa menyeruput kopi sajian barista terbaik. Tinggal pilih, jenis kopi apa yang Anda suka.

Foto: Ciarciar.com

Warung-warung kopi itu punya pelanggan masing-masing. Para pengunjung, datang, selain ingin menikmati kopi, juga untuk relaksasi. Menikmati suasana lain sambil mengobrol santai dengan sedulur atau teman-temannya. Tidak sedikit pula orang menggelar rapat di warung kopi dalam suasana santai.

Kalau Anda kebetulan main ke kawasan Bintaro, jangan lupa mampir ke warung-warung kopi tersebut. Tinggal pilih, mana yang paling nyaman dengan Anda. Meski warung berbeda, rasa kopi tetap sama. Pahit. Kalau belum biasa, tetap pakai gula biar sedikit manis. Meskipun, ngopi yang sesungguhnya ya tanpa gula. (Alex Madji)