Home Inspirasi 10 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Usaha

10 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Usaha

2246
3
SHARE
Ilustrasi

Setelah membaca beberapa buku seperti Mimpi Sejuta Dolar Merry Riana, Ken & Kaskus Cerita Sukses di Usia Muda, atau Orang-Orang Hebat, serta majalah dan mewawancarai beberapa pengusaha “start up”, saya menemukan beberapa tips ini untuk Anda yang mau “naik kelas” dari kelas pekerja ke kelas pengusaha. Masih banyak tips lain, tetapi untuk edisi ini, saya merekomendasikan 10 hal berikut ini.

1.  Terjunlah pada bidang yang sudah dikuasai

Penguasaan pada bidang tertentu akan memudahkan Anda karena Anda tidak perlu belajar dari nol lagi tentang bidang yang akan digeluti. Dan pastikan bahwa bidang tersebut adalah “passion” Anda. Dengan memiliki “passion” pada bidang tersebut, Anda akan menjalankannya dengan penuh cinta, penuh gairah, dan tidak dengan paksaan. Seluruh pikiran dan tenaga Anda akan tercurah pada bidang yang menjadi “passion” Anda tersebut.

2. Carilah mitra yang cocok

Dalam berusaha, Anda juga bisa bermitra dengan orang lain, selain usaha solo. Tetapi untuk hal ini, pilihlah orang yang cocok dengan Anda. Dengan begitu, Anda akan bisa bekerja sama, saling mendukung, dan meneguhkan. Dalam bekerja sama dengan orang, berpikirlah tentang rekan Anda itu. Jangan berpikir tentang diri sendiri. Sebab begitu jatuh pada berpikir tentang diri sendiri, maka bersiap-siaplah untuk pecah kongsi.

3. Memiliki keberanian untuk memulai

Setelah menentukan pilihan bidang yang akan digeluti, maka beranilah untuk memulai. Jangan takut pada “hantu-hantu” yang diciptakan oleh pikiran Anda sendiri. Persoalan yang dihadapi banyak orang untuk memulai sebuah usaha adalah tidak adanya keberanian untuk memulai. Padahal segala syarat lain sudah dimiliki.

4. Modal

Modal memang penting dalam memulai usaha. Tetapi dia bukan faktor paling utama. Usaha bisa dimulai dengan modal dengkul atau modal keberanian. Usaha juga tidak perlu dimulai dengan modal-modal besar. Dimulailah dengan modal-modal kecil. Dengan modal kecil, risiko yang dihadapi juga kecil dibandingkan dengan memulai usaha langsung dengan modal besar. Walaupun, modal kecil ini membuat usaha juga dalam skala kecil. Fidei Press, misalnya, memulai usahanya hanya dengan modal Rp 3 juta. Masih banyak usaha-usaha skala kecil yang dimulai dengan modal lebih kecil lagi dari itu.

5. Fokus dan konsisten

Begitu sudah berani memulai usaha, maka Anda harus fokus pada bidang yang sudah dipilih. Tidak perlu terombang-ambing oleh faktor-faktor lain. Sebab begitu Anda kehilangan fokus maka seluruh rencana bisnis yang sudah dibuat di awal akan buyar semuanya. Selain fokus, juga konsisten menjalankan gagasan awal. Meskipun tetap selalu terbuka pada perkembangan.

6. Kerja keras

Syarat penting lainnya dalam menekuni dunia usaha ini adalah kerja keras. Dari berbagai sumber yang saya baca, kerja keras ini menjadi syarat mutlak dan disinggung oleh semua orang yang sudah sukses. Sebuah kesuksesan tidak bisa diraih dengan kerja yang biasa saja. Apalagi kemalasan. Semua kesuksesan selalu diraih dengan kerja keras bahkan kerja sangat keras. Kata Robert Kiyosaki, tidak ada ruang untuk kemalasan.

7. Kreativitas dan Inovasi

Dua hal ini juga mutlak penting. Anda bisa meniru usaha-usaha orang lain, tetapi kalau tanpa sentuhan kreativitas dan inovasi maka usaha Anda akan sia-sia karena tidak ada nilai lebih yang mau dijual. Apalagi, kalau dunia yang digeluti itu adalah dunia teknologi informasi. Dalam bidang-bidang lain pun sangat diperlukan kreativitas dan inovasi.

8. Pantang menyerah

Selama menjalankan usaha ini, tidak sedikit tantangan dan badai yang bakal dihadapi. Tetapi jangan sampai Anda langsung “down” oleh tantangan-tantangan tersebut. Jadikan mereka sebagai cambuk untuk semakin maju. Sebab di balik tantangan dan kesulitan yang menghampiri, selalu ada sebuah peluang untuk lebih maju dari kondisi saat ini.

9. Doa

Bila semua hal di atas sudah dijalankan dengan baik maka jangan lupa lakukan hal yang terakhir ini yaitu doa sesuai agama dan kepercayaan Anda. Berdoalah supaya apa yang Anda lakukan ini berkenan di hadapan-Nya dan diridhoi-Nya. Jangan mengandalkan kekuatan sendiri. Serahkan semua yang Anda rencanakan dan yang Anda lakukan kepada Dia yang bertahta di atas sana.

10. Bila semua hal itu sudah dilakukan disertai dengan doa, maka Anda akan melihat hasilnya.

Setiap keberanian memulai yang disertai dengan kerja keras, serta fokus dan konsisten pada bidangnya plus sentuhan kreativitas dan inovasi niscaya akan membuahkan hasil. Karena itu selamat mencoba dan mulailah sekarang. Jangan ditunda. (Alex Madji)