Home Inspirasi Bangkit Meraih Sukses

Bangkit Meraih Sukses

916
0
SHARE
Rm Frans De Sales SCJ

Ketika kegagalan menimpa Anda, apa yang Anda lakukan? Anda tetap terpuruk dalam kegagalan itu? Atau Anda berani bangkit untuk menatap hidup yang lebih membahagiakan?

Di dalam kehidupan ini, Tuhan telah menyediakan begitu banyak kesempatan yang dapat kita gunakan demi kesejahteraan hidup kita. Namun kita sering menyia-nyiakan kesempatan itu dengan melakukan hal-hal yang bodoh. Misalnya, ada orang yang punya kesempatan untuk melanjutkan studinya. Tetapi ia menolak. Ia merasa lebih baik bekerja dan mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya.

Orang seperti ini inginnya menikmati kebahagiaan saat sekarang saja. Tidak mau meraih sesuatu yang lebih tinggi lagi. Ia tidak punya kegigihan dalam hidupnya. Ia mudah menyerah. Padahal ia memiliki otak yang cemerlang.

Winston Churchill, perdana menteri Inggris, misalnya pernah tinggal kelas pada saat kelas lima sekolah dasar. Tetapi ia tidak menyerah. Ia kemudian berhasil. Saat ditanya apa rahasia suksesnya, dia mengatakan bahwa karena dia diberi kesempatan untuk belajar dua kali saat tinggal kelas itu. Ia punya kegigihan untuk belajar dan menjadi orang sukses. Ia kemudian menjadi perdana menteri yang sukses saat Perang Dunia Kedua.

Atau Albert Einstein mendapatkan angka-angka yang jelek pada waktu bersekolah. Sampai-sampai gurunya meminta dia untuk berhenti sekolah, karena dinilai tidak akan berhasil. Tetapi dengan kegigihannya, Einstein kemudian bangkit. Ia menemukan metode untuk belajar. Dan kita semua tahu bahwa ia menjadi seorang ilmuwan besar. Ia menemukan bom atom.

Tokoh-tokoh besar itu mempunyai catatan yang mungkin lebih buruk daripada kita. Namun kegagalan itu membuat mereka bangkit dan berhasil. Kok bisa? Karena mereka memiliki karakter yang pantang menyerah. Tidak ada kata berhenti sebelum meraih sukses dalam hidup.

Sahabat, sering komitmen terhadap sukses yang ingin diraih diuji oleh tantangan kehidupan. Sikap pantang menyerah adalah salah satu yang jelas membedakan antara sang juara dan sang pecundang. Kegagalan sering kali menghantui, sehingga kita tidak mencapai tujuan yang kita inginkan. Tapi percayalah, apa pun hasilnya pasti lebih baik dibandingkan jika kita menyerah.

Kita hidup dalam dunia yang sangat terbuka oleh berbagai kemungkinan. Kita dituntut untuk menemukan kemungkinan-kemungkinan yang membantu kita untuk sukses dalam hidup ini. Kesuksesan menjadi salah satu aspek yang membantu kita hidup bahagia bersama orang lain. Untuk itu, kita mesti terbuka terhadap kemungkinan-kemungkinan. Kita diajak untuk berani bekerja keras demi meraih kesuksesan dalam hidup kita.

Tentu saja tidak gampang kita meraih kesuksesan. Kita mesti berjuang keras untuk itu. Seorang juara meraih impiannya ketika ia mau bangkit dari setiap kegagalannya. Karena itu, ketika kita gagal, kita mesti bangkit untuk meraih kesuksesan yang kita impikan. Dengan demikian, hidup kita menjadi semakin bermakna. Hidup kita menjadi berkat bagi orang lain yang ada di sekeliling kita.

Seorang bijaksana berkata, “Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya. Mereka berlari dan tidak menjadi lesu. Mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.”

Mari kita berjuang dalam dunia yang nyata untuk meraih kebahagiaan yang kita dambakan. Tuhan memberkati. ( Rm Frans de Sales SCJ)

Sumber: Milis Stola Duce