Home Inspirasi Jangan Pernah Berhenti Belajar

Jangan Pernah Berhenti Belajar

952
0
SHARE
Ilustrasi

BBC.com edisi Bahasa Inggris tertanggal 28 Oktober 2013 menurunkan sebuah artikel berjudul Do you have the skills to succeed at work karya Elizabeth Garone, seorang kolumnis BBC dan pelatih karir. Tulisan ini sangat menarik dan penting dalam mengembangkan karier Anda. Saya mencoba manyadur tulisan tersebut berikut ini.

Bagi seorang disainer grafis yang berbasis di Yerusalem, Dalie Ben-Moshe, perubahan di dunia disain grafis yang begitu cepat memaksanya untuk segera meng-upgrade kemampuan dan keterampilannya. Untuk itulah, dia harus kembali ke sekolah, terutama untuk mempelajari disain berbasis web agar bisa memenuhi permintaan kliennya.

“Definisi disain grafis berubah begitu cepat bersamaan perkembangan dunia saat ini yang semakin berbasis layar sentuh. Perusahaan pun lalu mencari para disainer yang memiliki keterampilan bagus dengan penampilan yang bagus dan artistik. Karena itu, sangat penting untuk terus meningkatkan keterampilan yang sudah dimiliki saat ini,” kata Ben-Moshe.

Ben-Moshe sadar betul bahwa dia perlu mempelajari bahasa-bahasa disain “flash” dan “HTML”. Karena itu dia harus mengambil kursus pada malam hari di sebuah sekolah teknik di Yerusalem. Selain itu, dia melakukan kursus jarak jauh melalui Skillfeed.com, sebuah layanan berbayar yang menyediakan kursus pendek secara online.

Pengembangan keterampilan dan peningkatan kemampuan ini bukan monopoli para disainer grafis. Ini tuntutan umum untuk semua profesi, seiring dengan makin tingginya tuntutan pekerjaan dan makin ketatnya syarat dan kualifikasi untuk karyawan di berbagai bidang. Memang, ada orang yang bertahan dengan apa yang didapatnya saat ini untuk sekedar bertahan pada pekerjaannya. Tetapi ada orang lain yang dengan cepat meng-upgrade pengetahuannya dengan kembali ke bangku kuliah untuk mempelajari berbagai bidang. Ada yang mempelajari keterampilan komunikasi atau kepedulian dagang guna memahami peta persaingan yang makin hebat dan tentu saja akan sangat membantu perusahaan atau industri Anda.

Seorang penasehat karier dari University of Kent, Canterbury, Inggris, Bruce Woodcock mengatakan, setiap orang perlu mengembangkan keterampilannya atau bahkan mendapatkan keterampilan-keterampilan baru agar bisa mendapat promosi atau peran yang lebih besar.

Woodcock menyarankan, buatlah daftar yang betul-betul Anda suka untuk dilakukan dalam karier Anda lalu bertanya kepada diri Anda sendiri apa kemampuan-kemampuan baru yang perlu dikembangkan untuk mewujudkan hal-hal tersebut. “Tentukan target-target Anda sendiri yang bisa dicapai, tetapi jangan terlalu muluk, menantang, tetapi realistis. Tentukan target-target besar yang kemudian bisa di-break down atau rinci ke target-target yang lebih kecil,” ujar Woodcock.

Bagi sebagian orang, mempelajari hal-hal baru mungkin berarti  harus kembali ke sekolah. Ada yang lalu menempuh jenjang pendidikan master, misalnya, dengan mengambil bidang administrasi bisnis. Ini memang cukup membantu mendongkrak karier Anda. Hanya saja, biayanya tidak mudah dan waktunya lama. Belum lagi harus kehilangan penghasilan selama cuti untuk menyelesaikan pendidikan itu.

Padahal, masih ada pilihan-pilihan lain yang lebih mudah dan cepat, tergantung kebutuhan Anda. Ada yang “men-recharge” isi kepalanya dengan kursus online, seperti melalui Skillfeed.com seperti yang ditempuh Ben-Moshe tadi. Layanan berbayar ini menyediakan semua yang Anda butuh. Di Skillfeed.com, para pelanggan hanya bayar sekali sebulan dan bisa memilih lebih dari 1.200 kelas video yang tersedia. Semuanya dalam bentuk digital dan pastinya kreatif, mulai dan Microsoft Exel hingga restorasi foto.

Belajar melalui layanan kursus online milik Shutterstock yang berbasis di New York Amerika Serikat ini tidak dibatasi waktu dan tempat. Dia bisa dipelajari kapan saja dan dari mana saja. Itu sebabnya, mayoritas pelanggan situs ini berasal dari luar Amerika Serikat.

Layanan kursus online semacam ini banyak. Presiden perusahaan PR berbasis di Atlanta Selsi Enterprises, misalnya, mempelajari HTML dari Lynda.com yang juga sebuah situs layanan berbayar. Dari sana dia mendapat tutorial-tutorial berbayar tentang HTML. Tutorial-tutorial bisa dia pelajari di mana saja dan kapan pun. Bahkan bisa didapatkan melalui ponselnya. “Menurut saya, inilah masa depan,” ucapnya.

Pesan yang terpenting adalah jangan sampai tidak mengambil keputusan apa pun untuk lebih maju dengan terus-menerus belajar melalui cara apapun. Sebab bila Anda tidak mengembangkan atau meningkatkan keterampilan Anda, menurut para ahli, maka Anda akan tertinggal dari yang lain. “Dunia ini sangat dinamis dan mereka yang tidak mempelajari keterampilan-keterampilan baru dan beradaptasi dengan cara seperti ini akan menjadi korban dari gempa dahsyat akibat sebuah benturan tektonik,” kata Direktur Rally Strategic Management, sebuah perusahaan perubahan manajemen di Brighton, Inggris, David Foster, mengumpamakan. (Alex Madji)